Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » PTSA Permudah Nelayan Urus Dokumen Pelayaran

Pemuda Maritim - Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) yang berada di Pelabuhan Perikanan Pantai Klidanglor Batang, kini sudah berjalan selama dua bulan. Saat ini keberadaan PTSA sudah sangat membantu para nelayan Batang dalam mengurus segala keperluan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kepala PTSA Husni ES Mpi menuturkan, pusat terpadu ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pemilik kapal dalam hal pengurusan dokumen kapal, dan dokumen perizinan kapal serta perizinanlainnya. Pendirian PTSA ini juga sudah sesuai dengan amanat yang tercantum dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan Publik.

“Selain Undang-undang kita juga merujuk pada PeraturanMenteriKelautan Dan PerikananRepublik Indonesia Nomor 11/Permen-KP/2016 Tentang Standar Pelayanan Minimum Gerai Perizinan Kapal Penangkap Ikan Hasil Pengukuran Ulang. Juga merujuk Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 74 tahun 2012 tentangOrganisasidan Tata Kerja Unit PelayananTeknis dan Pelayanan Terpadu pada Badan Penanaman Modal Daerah ProvinsiJawa Tengah,” ujar Husni saat ditemui Rabu (19/10).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa di PTSA terdapat tujuh Instansi yang ikut mempermudah dalam melayani Nelayan Kabupaten Batang. Seperti PPP, PSDKP, KUPP Kelas II Batang, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, PTSP, BPJS, dan yang terakhir Bank Jateng.

Tim Percepatan Pembangunan Gubernur Jawa Tengah Agus Gunawan Wibisono juga menuturkan bahwa perkembangan PTSA saat ini mengalami kemajuan semakin baik. Namun tidak dipungkiri masih ada kekurangan di PTSA ini untuk dilengkapi kedepannya.

“Sebenarnya yang bisa merasakan kekurangan dari PTSA ini adalah para usernya atau para nelayan sebagai pengguna PTSA ini. Seperti tadi saya mendengarkan ada sedikit selentingan dari nelayan  bahwa PTSA ini kurang dilengkapi CCTV yang tertuju pada saat melakukan pengecekan kapal, jadi nanti bisa lebih terawasi dan dan bisa meminimalisir terjadinya pungli.” ungkap Agus Gunawan saat ditemui usai kegiatan koordinasi dengan pengurus PTSA.
Sumber : www.radarpekalongan.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply