Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Puluhan Nelayan Lomba Dayung di Pantai Prigi

Pemuda Maritim -Puluhan nelayan tradisional mengikuti lomba dayung tradisional di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek, Minggu (2016/10/16).

"Jumlah total pesertanya 38 orang, semuanya nelayan lokal yang biasanya beroperasi di perairan selatan Trenggalek," kata Panitia Prigi Fest, Anjar Priadi Putra.

Dalam lomba ini, para nelayan harus beradu kecepatan menaklukkan lintasan sepanjang 200 meter, dengan menggunakan perahu nelayan jenis kunting.

Perahu tersebut biasanya digunakan oleh nelayan setempat untuk memancing ikan di kawasan Teluk Prigi dan sekitarnya.

Perahu ini sengaja dipilih karena merupakan cikal bakalnya perahu nelayan di pesisir selatan Trenggalek. Para nelayan yang biasanya memburu ikan, kini harus beradu ketangkasan dan kekuatan layaknya atlet dayung profesional.

"Prigi ini adalah kawasan nelayan sekaligus daerah wisata, makanya kegiatan yang kami gelar juga melibatkan kedua unsur tersebut, sehingga bisa menyatu," ujar Anjar.

Sementara salah seorang nelayan, Marzuki mengaku, baru pertama kali mengikuti lomba dayung. Meskipun sempat grogi, ia mengaku bisa menyelesaikan seluruh perlombaan dengan baik.

"Ini sangat menarik, karena selain untuk kompetisi juga sekaligus menjadi hiburan bagi nelayan, terlebih saat sepi tangkapan ikan seperti ini," katanya.

Lomba balap dayung nelayan tradisional yang baru pertama kali digelar tersebut, mendapat sambutan meriah dari ribuan masyarakat maupun wisatawan.

"Saya penasaran seperti apa kalau nelayan beraksi dalam lomba balap, ternyata seru juga," ujar wisatawan asal Tulungagung, Suwoko.

Pihaknya berharap, kegiatan serupa bisa digelar secara rutin dan menjadi agenda tahunan. Sehingga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Prigi.

"Kalau hanya menikmati pantai saja bagi saya adalah hal yang biasa, karena di daerah kami juga ada pantai," pungkasnya.
Sumber : detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply