Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Sentra Perikanan Muara Baru Beroperasi, Ribuan Nelayan Masih Tak Bisa Melaut

Pemuda Maritim - Ketua Paguyuban Pengusaha Perikanan Muara Baru (P3MB) Tachmid Widiasto Pusoro menjelaskan, seluruh perindustrian ikan dan sentra perikanan yang berada di Pelabuhan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, kembali beroperasional, Selasa (18/10/2016).

Namun ribuan kapal dan Anak Buah Kapal (ABK) sampai saat ini masih tak bisa melaut, lantaran terkendala lambannya penerbitan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).

"Untuk kapal-kapal sampai saat ini masih tidak bisa melaut. Semua kapal masih bersandar saja. Ini semua gara-gara penerbitan izinnya lamban (SIPI) dan tidak selesai-selesai," kata Tachmid kepada Warta Kota.
Pemogokan nelayan di Muara Baru
Pemogokan nelayan di Muara Baru.

Dikatakan Tachmid, sekisar 600 hingga 700-an kapal penangkap ikan saat ini telah bersandar di dermaga kawasan Pelabuhan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Per kapalnya, dijelaskan Tachmid ada sekisar 25 ABK yang kini menganggur tak melaut.

"Ini bisa bertambah, bisa mencapai 1600-an kapal penangkap ikan terhambat tak bisa lagi melaut. Bagaimana nasibnya pasti bisa tahu lah. Mana dapat uang mereka (nelayan). Toh SIPI-nya saja dilama-lamain penerbitannya. Seperti disengaja oleh pihak Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI," ungkapnya.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply