Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Gebang Desak Optimalkan Pelelangan Ikan

Pemuda Maritim - Tujuh tahun pendangkalan muara Sungai Ciberes hingga kini belum diselesaikan. Padahal pendangkalan ini, menjadi permasalahan utama untuk melakukan optimalisasi Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Gebang.

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kabupaten Cirebon, H Suherman mengatakan, pihaknya selalu meminta pertolongan kepada pemerintah untuk melakukan pengerukan muara Sungai Ciberes, agar kapal nelayan bisa masuk ke TPI Gebang.

Namun, sejauh ini pemerintah daerah hanya mengharapkan sepihak. Karena hanya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selalu digenjot dari PPI, tanpa memikirkan kondisi sebenarnya dari PPI Gebang. “Saya harus meminta tolong kepada siapa? Karena pemerintah daerah hanya mengharap sepihak dengan terus mengenjot PAD tanpa menilik kondisi di lapangan. Ini (pengerukan, red) sebenarnya tanggung jawab siapa?” jelasnya kepada Radar, Jumat (4/11), kemarin.

Menurutnya, banyak kendala untuk mengoptimalkan PPI Gebang. Salah satu yang paling utama adalah pendangkalan muara dan juga kolam PPI yang tidak bisa difungsikan hingga saat ini. Padahal sudah banyak nelayan dari daerah lain yang sudah meminta masuk ke PPI Gebang. Karena pertimbangan harga ikan yang relatif bagus. “Kita selalu dorong optimalkan, tapi selalu mandeg di pendangkalan. Ini tanggaung jawab siapa? Kalau pemkab jangan harap PAD saja. Tapi kalau pemerintah provinsi sejauh ini mereka tidak pernah ke PPI Gebang,” jelasnya.

Di lain sisi, Suherman menjamin nelayan di Gebang akan patuh dan nurut untuk melakukan pelelangan ikan di PPI Gebang. Asalkan sarana dan prasarana bisa disediakan dengan maksimal. “Sedangkan saat ini nelayan yang lepas dari TPI gak mau lelang maklum saja, karena muara Ciberes ini sangat padat, banyak bangunan liar. Parkir perahu sulit, apalagi pengen bongkar hasil tangkapan di PPI, kapal itu selalu kandas,” terangnya.

Sejauh ini, pihaknya sudah mendapatkan 20 binaan perahu nelayan yang sudah siap melakukan pelelangan di PPI Gebang. Hanya saja, butuh keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk mengoptimalkan PPI Gebang. Sehingga pemerintah daerah juga bisa mendapatkan pemasukan daerah secara optimal, serta bisa menyejahterakan para nelayan.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Edi Subandi SPKP mengatakan, pihaknya sudah ingin mengoptimalkan PPI Gebang seperti fungsinya. Hanya saja, terjadi pendangkalan dan ini perlu dibenahi. “Tentu saja kita ingin semua kapal berlabuh di PPI Gebang dan melakukan pelelangan di sana,” sebutnya.

Dia pun mengakomodir masukan yang disampaikan untuk melakukan pengerukan atas pendangkalan muara Sungai Ciberes. “Ini masukan, Insyallah akan kita akomodir dan disampaikan ke pimpinan,” jelasnya.

Karena sejauh ini, dia menyebutkan untuk anggaran pengerukan muara sungai APBD Kabupaten Cirebon tidak mungkin bisa mengcover itu. Sehingga pihaknya membutuhkan bantuan anggaran dari kementerian. “Kita akan minta ajuan agar kementerian kelautan dan perikanan bisa memfasilitasi anggaran ini,” katanya.
Sumber : www.radarcirebon.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply