Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Kubu Raya Menggunakan Sistem Pintar, Ini Peralatannya

Kementerian Kelautan, menyediakan informasi terhadap nelayan dengan menggunakan perangkat smartphone android bisa mengakses informasi. Kegunannya, sangat bermanfaat bagi nelayan untuk melaut.

"Nelayan bisa mengakses kondisi cuaca, keberadaan ikan beserta jenisnya serta ketersiadaan bahan bakar serta sampai pemasaran untuk hasil tangkapan sesuai harganya," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya, Djoko Triono. Senin (28/11/2016)

DKP Kubu Raya sudah melaksanakan sosialisasi sistem ini, terhadap 40 nelayan dari Kecamatan Sui Kakap yang hadir dalam acara penerapan program sistem pintar kepada nelayan. Memakai prangkat android yang disematkan aplikasi, panduan, sehingga akan sangat efisien sekali untuk melaksanakan aktifitas di laut.

"Sistem informasi nelayan pintar dengan memakai android. Di Kalbar, hanya Kubu Raya pertama kali menerapkan sistem ini. Dan rencananya yang akan dibagikan mobil jaringannya sehingga akan memudahkan nelayan untuk mengaksesnya nanti," ungkap Djoko.

Ia menerangkan bahwa dengan adanya aplikasi sistem informasi nelayan pintar ini, akan memudahkan nelayan dalam menangkap ikan dilaut. Sebab semuanya dalam aplikasi itu sudah ada.

"Nelayanan kan banyak yang memiliki HP android jadi akan sangat bermanfaat jika digunakan untuk membantu pekerjaan mereka. Nelayan tidak akan kesulitan harus cari ke titik mana, karena dari informasi yang disajikan sudah ditampaknya tempat ikan-ikan dilaut berdasarkan jenisnya," jelasnya.

Menurut, Djoko dalam aplikasi khusus nelayan ini, ada beberapa menu untuk diakses oleh nelayan. Semaunya berkaitan dengan profesi sebagai nelayan. Apakah untuk memantau cuaca, keberadaan ikan, harganya dipasaran serta jangkauan kapal berdsarkan ketersediaan BBM.

"Sistem ini telah diterapkan terhadap nelayan yang hadir dalam acara sosialisasi sistem pintar kemarin. Dan mereka bisa menggunakannya dengan baik. Dari 30 nelayan yang diundang 40 nelayan hadir dan 15 diantaranya memiliki hap android," pungkasnya. 
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply