Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » OJK Catat 17 Bank Siap Modali Petani dan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini tengah mempersiapkan aturan pembiayaan pada sektor pangan. Dalam aturan ini, petani hingga nelayan tak lagi perlu khawatir dalam melakukan pinjaman ke perbankan meskipun memiliki penghasilan yang tidak menentu.

Ditemui usai Rakornas Kadin Indonesia, Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad mengungkapkan, saat ini skema tersebut masih dibahas. Ditargetkan pembahasan ini akan dapat segera selesai setelah dibahas lintas Kementerian.

"Kita akan desain produk dan ekosistem yang akan kita lakukan misalkan di karet seperti apa, di coklat seperti apa, di jagung seperti apa, yang siap duluan aja yamg kita lakukan, tidak semua. Misal kelapa sawit bagaimana, karet gimana, nanti juga termasuk ada peternakan," ujarnya di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (28/11/2016).

Sudah terdapat 17 perbankan yang menyatakan minatnya untuk bergabung dalam program ini. Selain itu, juga terdapat 10-15 perusahaan pembiayaan yang juga siap bergabung.

"Baru mulai 17 bank tapi belum formal kita launching karena kita masih membereskan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan bidang terkait untuk membawa asuransi," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan bahwa memang dibutuhkan bantuan dari pemerintah pada berbagai sektor untuk memajukan pertanian di Indonesia. Sebab, selama ini Indonesia memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan pada sektor pertanian yang dapat membanggakan. Untuk itu, butuh bantuan seperti pada sektor pendanaan.

"Misalkan kakao, kalau kalau ada satu juta tambahan produksi, kita bisa jadi nomor satu di dunia. Karena hanya ada tiga negara penghasil kakao, salah satunya kita," imbuhnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply