Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Produk Ikan Diberi Sertifikat Layak Konsumsi

Pemuda Maritim -  Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan perwakilan Bandung, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, akan menyertifikati berbagai produk ikan.

Hal itu untuk memastikan ikan yang dijual di setiap ritel atau super market yang ada di Jawa Barat layak konsumsi. Kepala Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Perwakilan Bandung Dedy Arief Hendriyanto menyatakan, pemberian sertifikat kepada ritel setelah dilakukan uji laboratorium terhadap produk ikan yang dijual. Apabila dalam pengujian dinyatakan aman maka akan diberikan sertifikat.

”Diberikannya sertifikat berarti ikan-ikan yang dijual sudah diuji laboratorium dan layak konsumsi,” ucapnya.

Dengan diberikannya sertifikat, lanjut Dedy, maka akan memudahkan masyarakat untuk memilah dan memilih produk yang dijual supermarket yang layak konsumsi. ”Adanya sertifikasi maka memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa ikan yang dijual segar dan tidak mengandung berbagai zat kimia berbahaya,” ujarnya.

Selain akan memeriksa ritel yang menjual produk ikan di Kota Cimahi, Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan perwakilan Bandung juga akan menerapkan hal yang sama pada ritel yang ada di Jawa Barat. Saat ini di Kota Cimahi baru diperiksa di satu ritel dan dinyatakan bebas formalin dan layak konsumsi. ”Pemeriksaan akan dilakukan secara berkala, minimal satu bulan satu kali pemeriksaan,” jelas Dedy.

Dalam pemeriksaan berkala maka diharapkan pemilik ritel selalu menjaga kualitas produknya tetap sehat dan layak konsumsi. Pasalnya tidak menutup kemungkinan setelah mendapatkan sertifikat terdapat ikan yang dijual mengandung zat berbahaya.

”Kalau pun sudah mendapat sertifikat dan ketika dilakukan monitoring berikutnya ditemukan ada produk yang dijual mengandung zat berbahaya maka sertifikatnya bisa dicabut,” tegas Dedy.

Kepala Diskopindagtan Kota Cimahi Adet Candra menambahkan dengan adanya monitoring yang dilakukan oleh Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan perwakilan Bandung, diharapkan produk ikan yang dijual di Kota Cimahi bebas zat kimia dan layak konsumsi.

Mengingat selama ini Diskopindagtan juga secara berkala melakukan pemeriksaan berkala terhadap produk ikan yang dijual ke masyarakat. ”Selain pemeriksaan juga dilakukan pembinaan kepada para pedagang ikan agar selalu menjual ikan yang sehat dan layak konsumsi,” tuturnya. 
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply