Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Uji Coba Angkut Transportasi Darat dengan Kapal Laut di Desember

Pemuda Maritim - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana memanfaatkan jalur laut untuk mengangkut sarana transportasi darat seperti truk jarak jauh menuju daerah tertentu. Program ini dicanangkan untuk memberi alternatif transportasi bagi masyakarat.

Terdapat beberapa rute yang akan menjadi tujuan dalam program ini. Di antaranya adalah Surabaya-Lembar (Lombok Barat), Surabaya-Jakarta, dan Semarang-Jakarta. Uji coba program ini akan dimulai pada Desember mendatang.

"Kita akan trial pada awal Desember, Surabaya-Lembar. Kalau Jakarta-Surabaya kita akan lakukan awal Januari," tuturnya di Parkir Timur Istora Senayan, Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Saat ini, persiapan SDM masih terus dilakukan. Hanya saja, pemerintah belum melakukan tender terhadap program ini. "Kesiapan SDM, jembatan timbang karena kita outsourcing, kemungkinan jadi 2017 kita mulai," sambungnya.

Seperti diketahui, Budi berencana untuk mengkombinasikan pengoperasian jembatan timbang dengan pemanfaatan angkutan laut. Bagi kendaraan berat seperti truk, nantinya juga dapat memanfatkan angkutan laut untuk menuju suatu daerah.

"Kita lagi melakukan suatu pembahasan dengan suatu ukuran yang terukur di Sumatera, Jawa Tengah, dan Sulawesi. Karena dalam waktu dekat ini juga akan kita kombinasikan, antara jembatan timbang dengan angkutan laut," ujarnya.

Artinya jembatan timbang ini akan menjadi suatu cara untuk mengendalikan lalu lintas, mengendalikan bobot dan muatan. "Akhirnya truk itu bisa mendapatkan pilihan untuk menggunakan moda angkutan lain, yaitu angkutan laut, itu kita lagi kaji," imbuhnya.
Sumber : okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply