Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 300 Mesin BBG untuk Nelayan Balikpapan

 Pemuda Maritim - Sebanyak 300 nelayan di Balikpapan akan menerima bantuan 300 mesin kapal dengan bahan bakar gas (BBG) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI pada APBN 2017. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Balikpapan, Yosmianto yang mengatakan bahwa bantuan mesin kapal BBG merupakan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke BBG yang dilaksanakan tahun 2017 mendatang.

Bantuan mesin kapal BBG tersebut untuk nelayan gunakan kapal kurang dari 5 Gross Ton (GT). Sementara kategori kapal yang dapat diisi dengan mesin BBG akan disesuaikan aturan yang ada.

“Kami sudah mendata, ada 300 mesin kapal akan diberikan ke nelayan kecil di Balikpapan. Setelah di data, pihak Kementerian akan lakukan survei, kemudian terbit rekomendasi penyesuaian, apakah kapal nelayan cocok diisi mesin BBG atau tidak. Karena nelayan yang mencari sesuai alat mesin yang dipasang di kapal. Pemerintah tidak berani memberi kalau tidak sesuai aturan,” terangnya, Ahad (18/12).

Dia mengatakan, jumlah nelayan Balikpapan sesuai data yang dihimpun mencapai 5.000 nelayan. Mereka tersebar di sejumlah kawasan, seperti Manggar, Lamaru, Tritip, Markoni dan Kampung Baru. “ Mereka yang terima bantuan mesin harus punya badan hukum. Seperti koperasi, dan alat tangkapnya,” ucapnya.

Menurutnya, mesin kapal tersebut diperkirakan seharga Rp30 juta itu akan diberikan Cuma-Cuma untuk nelayan. Sedangkan isi ulang BBG segera dibangun pangkalan khusus untuk nelayan.

“Kita belum bisa memastikan pola pengisian BBG, apakah akan ada stasiun SPBG khusus nelayan. Itu soal teknis, kita belum tahu,” ujarnya

Program KKP itu bertujuan meningkatkan penghasilan nelayan ikan, dimana kapal dengan bahan bakar BBG diyakini lebih ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, sehingga nelayan tidak mengeluarkan biaya lebih besar untuk mesin dengan bahan bakar premium atau solar.

“Sesuai hasil penelitian, kapal dengan BBG akan menghemat 40 persen dibanding kapal bahan bakar minyak, bahkan, dampak besarnya ombak tidak pengaruhi pemakaian bahan bakar,” tambahnya.
Sumber :  www.korankaltim.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply