Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Cuaca Ekstrem, Ratusan Nelayan di Bengkulu "Puasa" Melaut

Pemuda Maritim - Ratusan nelayan di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan terakhir puasa melaut. Hal tersebut terjadi lantaran cuaca ekstrem masih melanda perairan Ipuh dan sekitarnya.

Mantan Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Ipuh, Ramli, angin kencang disertai gelombang tinggi membuat sekira 300 nelayan di daerahnya memilih untuk tidak mencari ikan di laut.

Alhasil, masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan lain terpaksa menganggur dan memilih untuk memperbaiki alat tangkap.

Menurut Ramli, ratusan nelayan ini tersebar di Desa Pulau Makmur, Medan Jaya, Pulau Baru, Tanjung Harapan, Pasar Ipuh, Retak Ilir, Pasar Baru, dan Sibak.

“Sudah sebulan ini kita tidak melaut. Sebagian nelayan tidak ada pekerjaan lain, jadi terpaksa berutang dengan tetangga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Ramli, Selasa (6/12/2016).

Ramli berharap, Pemkab Mukomuko dapat memberikan solusi kepada nelayan yang tidak memiliki mata pencarian lain berupa bantuan ternak kambing, kolam terpal, serta bantuan yang dapat menjadi alternatif ketika cuaca sedang ekstrem.

“Usulan itu sudah kita sampaikan. Setidaknya usulan kita itu bisa direalisasikan agar saat cuaca buruk nelayan tidak kehilangan mata pencarian,” ujarnya.

Secara terpisah, Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno Bengkulu, Anjasman menyampaikan, pihaknya hari ini mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk yang akan melanda Provinsi Bengkulu.

Peringatan dini itu, kata Anjasman, dilakukan agar masyarakat waspada potensi terjadinya angin kencang, banjir, dan tanah longsor di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur.

“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir diprediksi bakal melanda 10 kabupaten/kota, pada siang dan malam hari,” jelasnya. 
Sumber : .okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply