Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Harga Ikan Laut di Jayapura Bikin Sakit Kepala

 Pemuda Maritim - Jelang hari raya Natal dan Tahun Baru harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional Kota Jayapura melambung tinggi. Bukan karena permintaan yang banyak, namun karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat bagi nelayan.

Hal ini membuat mayoritas nelayan tidak mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak sehingga harga yang ditawarkan kepada masyarakat dinaikan dua hingga tiga kali lipat dari harga normal.

“Lagi mahal, bikin sakit kepala. Yang ukuran sedang saja bisa sampai Rp. 150 ribu,” ujar Andris, salah seorang pembeli di Pasar Ikan Hamadi, Selasa (20/12) siang.

Harga ikan laut di Kota Jayapura memang sudah tinggi sejak memasuki bulan Desember saat cuaca lebih banyak didominasi hujan dan angin kencang.

Dengan situasi ini, banyak masyarakat terpaksa beralih sementara dengan membeli ayam potong yang harganya relatif tidak terlalu banyak berubah.

“Kalau ayam memang naik juga, tapi tidak semahal ikan laut,” tambah Andris.

Sementara itu, untuk sejumlah kebutuhan pokok lain seperti bawang merah dan bawang putih juga mengalami sedikit perubahan harga mendekati hari Natal. Rata-rata pedagang bawang menaikan harga jualannya Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribu menyesuaikan permintaan masyarakat yang semakin tinggi.

Walau begitu, stok bawang merah dan bawang putih di pasaran Kota Jayapura dipastikan aman hingga akhir tahun nanti karena pengiriman dari Surabaya, Jawa Timur yang berjalan lancar.
Sumber : www.harianpapua.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply