Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » KOMITMEN Unpad Adakan In House Training (IHT) Day 4 sebelum Ekspedisi ke Pulau Harapan


pemudamaritim.comKelompok Studi Instrumentasi dan Survey Kelautan (KOMITMEN) merupakan suatu kelompok studi yang beranggotakan mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran. KOMITMEN mengadakan In House Training (IHT) Day 4 dengan 2 pemateri, yaitu Yusuf Arief Nurrahman, S.Kel., M.Si sebagai pembicara pertama dan Ibnu Faizal, S.kel., M.T. sebagai pembicara kedua. Kedua pemateri tersebut merupakan dosen muda Ilmu Kelautan FPIK Unpad.

Acara tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer Gedung 2 FPIK, Unpad. Acara ini dihadiri oleh anggota baru KOMITMEN yang akan melakukan ekspedisi ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu pada februari 2017. Adapun materi yang dibahas pada acara ini yaitu tentang produktivitas primer perairan ekositem pesisir dan gelombang.

Hasil ekspedisi berupa profil Pulau Harapan yang meliputi data arus, gelombang, pH, suhu, kecerahan, Dissolved oxygen (DO), dan arah kecepatan angin. Hasilnya akan disajikan dalam bentuk jurnal dan akan diadakan seminar pada maret 2017, jelas Vega Kharisma selaku ketua pelaksana acara tersebut.

Pembicara pertama mengatakan untuk mengukur produktivitas primer dapat menggunakan metode oksigen, dengan menggunakan botol gelap dan botol terang. Pengambilan sampel air baiknya dilakukan saat pukul 09.00-11.00, dimana waktu tersebut merupakan waktu fotosintesis optimum. Botol gelap dan botol terang yang telah berisi sampel air diinkubasi dalam perairan tersebut selama 5 jam, namun sebelumnya diukur terlebih dahulu Dissolved oxygen (DO) awal. Beberapa kasus, terdapat nilai produktivitas primer yang negatif. Hal ini karena tingkat respirasi pada suatu perairan lebih tinggi dibandingkan tingkat fotosintesisnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pembicara pertama pada thesisnya, menjelaskan bahwa jumlah wisatawan mempengaruhi nilai produktivitas primer suatu ekosistem pesisir. Semakin tinggi jumlah wisatawan maka nilai produktivitas primer akan menurun.

Salah satu peserta IHT bertanya, “berapa lama penelitian yang bapak lakukan?”
Penelitian tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk satu pulau. Hal ini juga tergantung dengan jumlah crew yang dibawa dan cuaca, jawab Pak Yusuf.

Pembicara kedua menjelaskan bahwa gelombang disebabkan oleh 3 faktor, yaitu angin, pasang surut (pasut), dan tsunami. Angin akan mempengaruhi waktu terjadinya gelombang. Periode gelombang biasanya sampai dengan 30 detik. Pasang surut terdapat 3 tipe yaitu pasut diurnal adalah dalam sehari terjadi satu kali pasang dan satu kali, pasut semi diurnal adalah terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam sehari, dan pasut campuran merupakan gabungan dari pasut diurnal dan semi diurnal. Tsunami merupakan pergerakan tiba-tiba dasar laut, dimana periodenya panjang dan diikuti dengan ripples (gelombang lanjutan/susulan). Energi pada gelombang merupakan energ potensial dan energi kinetik. (Ulfa)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply