Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Laut Pasang, Danau Chimpago Dipenuhi Sampah

Pemuda Maritim - Keindahan danau Chimpago Pantai Padang tercoreng akibat sampah yang terapung dan mengeluarkan bau tak sedap, Senin (28/11) siang. Sampah tersebut merupakan sampah kiriman dari laut setiap air pasang datang dan merapung ke Danau Chimpago.

Pantauan Haluan, sampah yang tera­pung tersebut sering terjadi di danau Chimpago. Tidak hanya karena pengaruh air pasang di laut, sampah juga merupakan sampah rumah tangga masyarakat sekitar yang sengaja membuangnya ke dalam danau.

Salah seorang warga yang sedang lewat Andri (28) mengaku resah dengan gena­ngan sampah yang setiap hari terjadi. Selain mengganggu pemandangan, bau tak sedap juga sering di bawa angin.

“Sepertinya sampah tersebut buangan dari laut sehingga tergenang ke dalam danau. Kemudian, sebagian masyarakat juga tidak peduli kebersihan sehingga membuang sampah ke danau tersebut,” terangnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Perta­manan Kota Padang Al Amin pada Haluan, menyampaikan bahwa sampah tersebut merupakan sampah kiriman dari laut saat air laut pasang. Volume sampah juga ditambah dengan sampah rumahtangga masyarakat yang kurang peduli dengan kebersihan.

“Hal ini sering terjadi jika air pasang dan jika sudah surut baru akan kita angkat dan bersihkan. Kemudian, kita juga menya­yangkan masyarakat sekitar yang mem­buang sampah langsung ke dalam danau,” ujarnya.

Penanganan yang kurang terkendali, Al amin mengatakan akan segera mem­buatkan penyaringan yang akan me­nampung sampah kiriman dari laut. Kemudian, kepada masyarakat sekitar akan dibuatkan papan pengumuman supaya tidak membuang sampag ke dalam danau.

“Sebelumnya kita pernah pasang papan pengumuman supaya tidak membuang sampah ke dalam danau. Namun papan tersebut sudah dibuka dan dibuang. Kita akan buatkan lagi papannya,” tukasnya. 
Sumber : harianhaluan.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply