Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nakhoda Kapal Wajib Laporkan Kondisi Cuaca di Laut

Pemuda Maritim - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mewajibkan nakhoda kapal penumpang untuk melaporkan kondisi cuaca di laut, dalam upaya meningkatkan pelayanan dan sebagai mengantisipasi kecelakaan kapal.

"Tiga jam sebelum keberangkatan kapal, nahkoda diwajibkan melaporkan kondisi cuaca di laut," kata Kepala Subseksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Pangkalbalam, Harlansyah di Pangkalpinang, Jumat (23/12/2016).

Ia mengatakan nakhoda kapal juga diwajibkan untuk melaporkan kondisi cuaca di pelabuhan asal, selama perjalanan dan cuaca di pelabuhan tujuan, guna memberikan gambaran kondisi cuaca kepada petugas pelabuhan dan calon penumpang kapal laut itu.

"Laporan gambaran kondisi cuaca di laut ini penting bagi keselamatan kapal. Terkadang rilis perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG tidak sama dengan kondisi cuaca di lapangan, karena adanya perubahaan cuaca secara tiba-tiba yang membahayakan keselamatan penumpang kapal," tuturnya.

Menurut dia, kewajiban melaporkan kondisi cuaca di pelabuhan asal, selama perjalanan dan pelabuhan tujuan ini juga dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang kapal.

"Kami berkeinginan nakhoda dan awak kapal selalu memberikan informasi kepada penumpangnya, seperti saat berada di atas pesawat terbang dan apabila pesawat mengalami goncangan, maka pilot memberikan pengumuman dan peringatan kepada penumpang untuk kembali ke tempat duduk serta memasang sabuk pengaman," ujarnya.

Saat ini, sambungnya, kondisi cuaca di laut masih aman untuk pelayaran kapal, sehingga lalu lintas kapal penumpang dan kargo masih berjalan aman dan lancar.

"Keberangkatan dan kedatangan kapal masih berjalan lancar, namun demikian diharapkan nakhoda kapal untuk tetap mewasdai perubahan cuaca buruk yang membahayakan keselamatan kapal dan penumpang," pungkasnya.
Sumber : news.okezone.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply