Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Belum Minati Pelabuhan Untia

Pemuda Maritim - Kapal dan perahu nelayan masih minim yang bersandar di Pelabuhan Untia. Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Makassar mengklaim nelayan belum minati pelabuhan perikanan baru tersebut.

“Minim minat nelayan karena akses jalan masuk pelabuhan dalam perbaikan,” kata Rahman Bando, Kepala DKP3 Makassar, Rabu (21/12/2016). Rahman menuturkan, beberapa nelayan bersedia membongkar hasil tangkapan jika akses jalan sudah bagus.

Saat ini, katanya, kapal nelayan yang beroperasi di Untia hanya 2-3 kapal saja. Pelabuhan Untia memang tidak seramai dengan Pelabuhan Paotere yang lebih dahulu ada.

Alasannya, industri perikanan harus memiliki dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Komponen tersebut, yakni nelayan dan pengusaha ikan. Nelayan dan pengusaha ikan saling membutuhkan untuk kelangsungan industri.

“Nelayan ini bisa hidup karena adanya pengusaha darat yang mengelola ikan tersebut atau mengekspornya keluar negeri,” katanya.

Kendati demikian, Pelabuhan Untia memiliki dampak positif karena memperluas jaringan pasar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di mana, ada 14.375 nelayan yang beroperasi di Makassar. (rul/ris)
Sumber : sulsel.fajar.co.id

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply