Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Berharap di Pongok ada Pabrik Es Batu

Pemuda Maritim - Daerah Kepulauan Pongok dikenal dengan penghasilan lautnya, dimana 80 persen warga yang tinggal di daerah tersebut berprofesi sebagai pencari ikan.

Selain itu hasil tangkapan nelayan di wilayah tersebut juga menjadi penyumbang kebutuhan masyarakat Babel terhadap ikan, namun sayang daerah yang kaya dengan hasil laut itu belum memiliki pabrik batu es untuk memenuhi kebutuhan masyarakat nelayan.

"Kami mengharapkan adanya pembuatanya pabrik es di daerah Pongok, karena 80 persen masyarakat bekerja sebagai nelayan,"jelas Abu Kades Pongok kepada bangkapos.com, Rabu (28/12/2016)

Selain itu menurutnya, tangkapan ikan yang ada di Pongok selama ini sudah banyak di kirimkan ke berbagai daerah di pulau Bangka.

"Berdasarkan data 30 persen ikan di Babel berasal dari pulau Lepar dan Pongok, ini yang perlu di perhatikan seandainya ada pihak swasta yang berani berinvestasi membuat pabrik batu es, tentu sangat membantu warga setempat,"jelasnya

Abu juga meyakini bahwa salah satu hambatan banyak investor tidak mau meng investasi ke pulau Pongok karena tidak adanya jaringan listrik yang memadai, untuk menghasilkan tenaga listrik tiap harinya.

"Pihak swasta tidak berani karena faktor listrik, karena bila ingin membangun pabrik harus ada listriknya,"jelasnya

Abu menambahkan selama ini kesulitan warga nelayanan di Pongok satu di antaranya susahnya untuk mencari batu es, yang digunakan nelayan meng eskan hasil tangkapanya.

"Karena jarak kita semakin jauh, semakin susah, seandanya ada pabrik batu es bisa menambah hasil melaut, harga ikan akan semakin baik, kesejahteraan warga akan meningkat, untuk itu semoga listrik cepat terealisasi,"ucapnya.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply