Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Melonjak

Pemuda Maritim -  Angin kencang dan tingginya ombak di laut membuat nelayan di Pelabuhan Perikanan Kuala Idi, Aceh Timur dalam tiga hari terakhir enggan melaut. Akibatnya, harga ikan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kuala Idi melonjak tajam, Senin (5/12/2016).

“Selama tiga hari terakhir kapal nelayan mulai dari boat kecil hingga kapal ber GT besar, enggan melaut,” kata pengusaha kapal, Putra (36) warga Idi Rayeuk, Aceh Timur kepada GoAceh.

Menurutnya, kondisi ombak saat ini mencapai 2 hingga 3 meter. ”Tingginya ombak dikarenakan angin barat dan angin timur berhembus kencang. Kondisi laut yang demikian, juga membuat para nelayan sulit menangkap ikan,” ujar Putra.

Baca: BMKG Belawan: Cuaca Buruk di Aceh, Ombak Capai 2 Meter

Ia melanjutkan, akibat cuaca laut yang tidak bersahabat tersebut, harga ikan cenderung mengalami peningkatan.

“Untuk ikan Kembung saat ini mencapai Rp32 ribu/kg, Dencis  Rp26 ribu/kg, ikan Dungun Rp20 ribu/kg, sedangkan ikan Tongkol mencapai Rp25 ribu/kg,” sebut Putra.

Ia mengungkapkan, harga ikan tersebut meningkat rata-rata Rp5 ribu per kilonya. Kondisi cuaca buruk tersebut biasanya akan bertahan hingga sepekan.

“Untuk kapal 30 GT ke atas, mulai hari ini ada juga yang sudah melaut, namun hasil tangkapan mereka masih kurang,” tutup Putra.
Sumber : www.goaceh.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply