Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Paceklik, HNSI Minta Pemprov Turun Tangan

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPD Jawa Tengah, melalui ketuanya, Achmad Jumali meminta pemerintah provinsi membantu pencairan segera dana paceklik nelayan, menyusul kondisi pacelik yang sedang dihadapi nelayan.

Kondisi paceklik yang sudah berlangsung sejak sebulan ini dan akan berlajut sampai dua bulan ke depan, menurut Achmad Jumali, bukan semata disebabkan oleh hasil tangkapan ikan oleh nelayan terganggu karena anomali cuaca.

“Tapi lebih karena adanya sistem (pengelolaan) yang dirasakan nelayan tidak tepat, persisnya semenjak diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) dimana kini pencairan dana itu diatur oleh masing-masing kabupaten/kota memalui DPC (Dewan Pimpinan Cabang),” kata Achmad Jumali seperti dikutip dari Radio Elshinta, Selasa (27/12).

Di Jateng selama terdapat 16 kab/kota yang memliki DPC, yakni 13 di pantura meliputi Brebes sampai Rembang, dan di tiga di wilayah selatan Jateng dari Kebumen sampai Cilacap. “Pengelolaan TPI dulu oleh Puskudmina, maka jika terjadi paceklik langsung di keluarkan melalui KUD. Tapi sekarang karena diatur oleh masing-masing kabupaten/kota, jadi sebaliknya,” kata Jumali.

HNSI meminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk ikut memperlancar aliran dana paceklik, setidaknya mengembalikan sistem seperti semula, misalnya menijau Perda soal pelelangan ikan, dan tidak lagi diatur oleh masing-masing Kab/kota.
Sumber : suaramerdeka.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply