Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Perayaan 40 Tahun NDC, dari Transplantasi Karang hingga Bersih-bersih Laut

Pemuda Maritim - Hari ulang tahun ke-40 Nusantara Diving Center (NDC) dirayakan dengan menggelar beragam kegiatan.

Diantaranya, monitoring dan transplantasi karang, bersih laut dan pantai, ibadah menyambut Natal dan doa bersama untuk mendiang Loky Herlambang, pioner selam Sulawesi Utara.

Suasana Pantai Kalasey, Minahasa, Sabtu (4/11) terlihat ramai. Sedikitnya 54 penyelam profesional dari berbagai klub dan komunitas selam di Sulawesi Utara berbaur bersama. Sebagian besar merupakan alumnus NDC.

Mereka lengkap dengan wet suite (pakaian selam) dan topi ala santa claus. Sejumlah peralatan disiapkan, jaring meja besi, semen sebagai medium karang.

Menurut Ferry Kamu, Koordinator Perayaaan 40 tahun NDC, pihaknya kontinyu melaksanakan sosialisasi melestarikan laut. Aksi pro lingkungan ini merupakan warisan mendiang Loky Herlambang. "Diantaranya, bagaimana menjadi tour guide dan diving instructor yang baik," ujarnya, sebagaimana rilis ke Tribun, Minggu (4/12).

Transplantasi karang dilaksanakan di kedalaman 10-12 meter di spot Marinir Yonmarhanlan selama 50 menit. Penyelam dibagi dua grup. Kelompok pertama menggunakan kapal dan kelompok kedua langsung menyelam dari pantai.

Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bitung, Khouni Lomban-Rawung yang juga First Lady Kota Bitung dan Ketua DPRD Sitaro, Djibton Tamudia ada dalam kelompok tersebut."Kegiatan positif seperti ini harus ditunjang. Saya bangga bisa terlibat dalam perayaan 40 tahun NDC," ujar Tamudia.

Koordinator Transplantasi Karang, Maxi Jeger Kaloh menyebut, kondisi karang di spot Marinir Yonmarhanlan sangat baik. Dijelaskan, pertumbuhan karang hasil transplantasi sangat cepat. Dalam setahun pertumbuhannya bisa mencapai 5 cm dan sudah menjadi rumah dari ikan.

"Empat meja jaring baru juga sudah kami tanam di area sana,” kata instruktur POSSI yang didampingi koordinator dokumentasi Roy Herlambang dan Gracey Wakary.

NDC adalah klub selam yang didirikan Loky Herlambang pada tahun 1976. Sebelumnya pada tahun 1975 dia berhasil menemukan harta karun bawah laut di Sulut, yang kini dikenal dengan nama Taman Laut Bunaken.

NDC punya peran yang luar biasa dalam mendongkrak kedatangan wisatawan pecinta dunia bawah air ke Sulut serta pembentukan POSSI Sulut pertama kalinya di tahun 1979.

Beberapa nama seperti Raymond Point, Fukui dan 24 spot selam utama di Taman Laut Bunaken adalah hasil kerja Loky Herlambang dan NDC.

"Harapan kami, kita semua bisa menghargai dan menjaga apa yang sudah ditemukan oleh ayah sekaligus pendidik kami,” tambah Harry Rumengan, penyelam senior hasil didikan dari Loky.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply