Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Peringatan Deklarasi Djuanda, Saatnya Urus Laut dan Pulau Kecil

Pemuda Maritim - Indonesia perlu fokus pada urusan laut dan pulau-pulau kecil. Moh. Abdi Suhufan Koordinator Nasional Destructif Fishing DFW-Indonesia mengatakan,

Deklarasi Djuanda yang diumumkan pada 13 Desember 1957, menjadi momentum bagi pemerintah untuk menyediakan payung hukum termasuk kerangka kebijakan untuk membangun laut dan pulau-pulau kecil untuk mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia.

"Sudah 59 tahun berselang. Deklarasi Djuanda yang diumumkan ini dalam perkembangannya diperingati sebagai Hari Nusantara. Paling tidak ini menjadi momentum dalam pelaksanaan pembangunan kelautan," ujarnya melalui rilis yang diterima Tribun Selasa (13/12/2016).

Pihaknya menjelaskan, terdapat tiga hal yang perlu mendapat perhatian berkaitan dengan pembangunan kelautan dan pulau-pulau kecil. Pertama, minimnya regulasi dan kebijakan kelautan.

Abdi mengatakan, paska terbitnya UU 32/2014 tentang kelautan, sampai saat ini Pemerintah Indonesia masih memiliki ‘utang kebijakan’ dengan belum diterbitkannya 9 Peraturan Pemerintah yang merupakan turunan UU 32/2014 tersebut. Padahal, sesuai amanah Undang-Undang bahwa 2 tahun sejak UU tersebut terbit, peraturan pelaksana UU tersebut mesti segera dikeluarkan.

"Undang-Undang nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan yang terbit 17 Oktober 2014 lalu, kini belum ditindaklanjuti secara lebih operasional. Akibatnya, dalam dua tahun ini nyaris tidak ada kebijakan strategis kelautan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Padahal beberapa masalah urgen saat ini seperti penyelesaian tata ruang laut nasional saat ini mesti diselesaikan serta perlunya kebijakan yang holistik untuk menangani pencemaran sampah plastik di laut Indonesia," ungkapnya.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply