Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Perwira Koarmatim Ikuti Sosialisasi Hukum di Laut

Pemuda Maritim - Untuk menegakkan hukum di Laut, Perwira Koarmatim mengikuti sosialisasi penegakan hukum di Laut bagi Perwira TNI Angkatan Laut  yang berdinas di Kapal  atau bidang Operasi, berlangsung di Audioturium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim. Ujung Surabaya. Kamis, (22/12/2016).

Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasarmatim Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G Ariawan,S.E.,M.M., menyampaikan sosialisasi yang diselenggarakan pada hari ini, pada hakikatnya memiliki makna yang sangat penting dan strategis bagi para perwira, terlebih bagi para perwira yang berdinas di KRI dan di bidang Operasi. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas prajurit dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Sosialisasi ini juga, menjadi wahana yang strategis untuk menyamakan misi, persepsi dan pemahaman baik tentang hukum laut internasional maupun undang-undang ataupun aturan-aturan hukum laut di Indonesia yang berlaku di wilayah laut yurisdiksi nasional guna mendukung penegakan hukum di laut.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari pembinaan hukum dan perlu dilakukan secara terus menerus serta berkesinambungan dalam rangka memberikan dukungan aspek hukum terhadap pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Laut. Karena seorang perwira TNI AL sesuai dengan aturan hukum, memiliki kewenangan sebagai penegak hukum di laut sebagaimana tercantum dalam pasal 9 uu no. 34 tahun 2004 tentang TNI, serta  pada Konvensi Hukum Laut Internasional Unclos 1982 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia.

Oleh karena itu, seorang Perwira TNI AL harus mampu memahami tentang rezim perairan dan rezim Lintas berdasarkan Unclos 1982, batas maritim NKRI dengan negara tetangga, dan dasar hukum tentang kewenangan TNI AL di laut serta mekanisme penanganan tindak pidana di laut. Untuk dipergunakan sebagai referensi dalam pelaksanaan tugas.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh Perwira mendapatkan penjelasan secara utuh dan komprehensif sehingga tercapai pemahaman dan kesamaan tentang hukum maupun aturan penegakan hukum di laut. Manfaatkan waktu yang baik ini untuk menanyakan berbagai hal terkait materi yang diberikan, sehingga para perwira sekalian dapat memahami dan sekaligus mampu merealisasikan secara tepat dan benar berbagai aturan hukum laut Internasional maupun hukum perairan indonesia yang berlaku.

Hadir dalam sosialisasi tersebut diantaranya, para Pejabat Utama Koarmatim, Para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan dan para Perwira TNI Angkatan Laut  yang dinas di kapal  atau di bidang operasi.
Sumber : www.beritalima.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply