Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Potensi Cuaca Ekstrem, Nelayan Diimbau Tak Melaut

Pemuda Maritim -Cuaca di pengujung tahun semakin tak menentu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang mengeluarkan imbauan agar para nelayan tidak pergi melaut untuk sementara waktu.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca buruk yang melanda Bontang akan memunculkan potensi hujan lebat, disusul angin kencang dan ancaman tinggi gelombang di perairan Bontang.

Saat ini gelombang laut sangat tinggi. Itu masih ditambah dengan angin kencang dan curah hujan yang cukup tinggi.

Itu sebabnya Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani mengingatkan kepada nelayan, trus mewaspadai kemungkinan terjadinya peningkatan cuaca ekstrem. Apalagi nelayan yang selama ini menggunakan perahu kecil untuk mencari ikan.

“Bukan bermaksud menghalangi mata pencaharian, tapi ini juga demi keselamatan. Kondisi cuaca sangat buruk saat ini, kami imbau nelayan jangan dulu melaut,” ungkapnya.

Namun, apabila dalam keadaan mendesak, dia tak bisa melarang nelayan melaut karena itu merupakan sumber mata pencaharian. Namun, ia mengingatkan agar tetap waspada dan menggunakan pelampung saat melaut. Dengan demikian, antisipasi terhadap musibah lebih dulu dilakukan.

Sebelumnya, sepekan yang lalu insiden kapal karam mengejutkan warga Bontang. Sebanyak tiga orang pemancing terhantam gelombang ombak 3 meter yang menenggelamkan ketiganya. Dua korban berhasi selamat yakni Sabri dan Tamrin. Sedangkan pemiliki kapal bernama Daroini hingga kini belum ditemukan. 

Sumber : www.korankaltim.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply