Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Punya Riwayat Alergi Ikan Laut? Kata Dokter, Ini yang Perlu Diperhatikan

Pemuda Maritim - Punya riwayat alergi ikan laut dan sering gatal-gatal? Kondisi ini tentu cukup mengganggu, apalagi jika gatal-gatal yang muncul juga menimbulkan bekas luka garukan pada kulit.

Oleh sebab itu, orang dengan riwayat alergi ikan laut perlu menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya agar tak muncul masalah baru seperti infeksi atau bekas garukan yang sulit hilang alias membekas.

Seperti disampaikan oleh dr Eddy Karta, SpKK, bahwa langkah utama adalah memastikan apakah benar gatal-gatal tersebut muncul akibat alergi ikan laut.

Baca juga: Kelainan Genetik Bisa Jadi Penyebab Munculnya Alergi Getaran

"Jika yakin gatal muncul setiap makan ikan laut, maka sebaiknya hentikan dulu konsumsi ikan lautnya agar keluhan kulit tidak bertambah berat," imbuh dr Eddy.

Jika kebiasaan makan ikan laut tetap diteruskan meskipun masih gatal-gatal, maka risiko muncul bekas luka garukan bisa muncul misalnya berupa bercak cokelat.

"Lalu pada individu dengan bakat alergi juga memiliki kulit yang cenderung lebih kering dan lebih sensitif, sehingga bekas luka dapat bertahan lebih lama," tuturnya.

Yang pasti, jika gatal muncul segera hentikan konsumsi ikan laut dan hindari menggaruk secara asal-asalan. Jika diperlukan konsumsi obat, konsultasikan gatal-gatal yang muncul dengan dokter.
Sumber : health.detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply