Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Ratusan Nelayan Dapat Bantuan Mesin Kapal dan Asuransi


 Pemuda Maritim - Sejumlah nelayan di Kota Minyak mendapatkan asuransi dari pemerintah pusat dan bantuan mesin kapal.

“Kalau untuk asuransi yang dapat itu 86 nelayan tahun ini. Masing-masing daerah memang berbeda jumlahnya,”ujar Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan Yosmianto.

Kendati demikian diakui Yos sapaan akrab Yosmianto, bantuan ini jumlah tak sebanding dengan jumlah nelayan di Balikpapan yang mencapai lima ribu orang. Untuk itu, perlu standar khusus bagi nelayan yang menerima asuransi.

“Ya ada standar khusus yang diterapkan pemerintah. Jadi kalau mereka meninggal di laut, maka keluarganya akan mendapat bantuan dana. Begitu juga yang kalau mengalami kecelakaan,” usulnya.

Sementara itu, nelayan yang mendapat bantuan mesin kapal berbahan bakar gas hanya untuk 300 nelayan. Bantuan itu rencananya akan diserahkan  2017 mendatang.

“Ini kami sudah data, anggarannya dari Kementrian Kelautan. Jadi sekitar 300 mesin kapal akan diberikan untuk nelayan dengan kapal di bawah 5 gross ton (GT),” katanya.

“Kami yang mendata, tapi dari kementrian lautan yang langsung mensurvei. Kita merekomendasikan dan mereka menyesuaikan apakah cocok diisi dengan mesin tersebut atau tidak. Dia cari yang mencari sesuai alatnya. Mereka tidak berani memberi kalau tidak sesuai aturan,” terangnya.

Menurut Yos, mesin kapal tersebut diperkirakan seharga Rp 30 juta ini akan diberikan secara gratis untuk para nelayan. Sedangkan untuk isi ulang bahan bakar gas akan dibangun pangkalan tersediri bagi para nelayan.

”Kalau dirupiahkan harga mesin kapal itu sekitar Rp30 juta. Nelayan yang mendapatkan bantuan berdasarkan kriteria dari pusat,” ujarnya.

Program dari kementrian ini tujuan untuk meningkatkan penghasilan nelayan, dimana kapal bahan bakar gas lebih ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar sehingga nelayan tidak mengeluarkan biaya yang besar saat melaut.
Sumber : prokal.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply