Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Waspada Teror, Polisi Minta Nelayan Laporkan Penyewa Perahu Menuju Bali

Pemuda Maritim - Tak hanya pelabuhan ASDP Ketapang saja diperketat menjelang Tahun Baru 2017. Sejumlah pelabuhan kecil juga tak luput dari pengamanan Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Banyuwangi.

Sejumlah petugas Polisi Perairan terus melakukan patroli laut. Kawasan yang disisir membentang dari Perairan Baluran masuk Kecamatan Wongsorejo sampai Perairan Sukamade di Kecamatan Pesanggaran. Patroli ini melibatkan petugas Polairud yang bermarkas di Ketapang dan sejumlah Pos Polairud yang tersebar di empat wilayah yakni, Pantai Boom Banyuwangi, Pelabuhan Muncar, Pantai Grajagan, serta Pantai Pancer.

"Ada 17 titik pelabuhan tradisional yang kita awasi. Ini sering digunakan sebagai pelabuhan perahu kecil. Selain itu masih ada titik lain yang juga digunakan para nelayan dalam mencari ikan di laut. Antisipasi terorisme dan penyelundupan bom," ujar AKP Subandi, Kasatpolair Polres Banyuwangi kepada detikcom, Senin (26/12/2016).

Tak hanya itu, kata Subandi, para nelayan diminta untuk turut mewaspadai orang tak dikenal yang hendak menggunakan jasa perahunya untuk menyeberang ke Bali. Dikhawatirkan orang yang menyewa perahu tersebut memiliki niat jahat dan termasuk dalam salah satu pelaku teror yang hendak beraksi di Pulau Dewata.

"Bila melihat orang tak dikenal tiba-tiba menawarkan diri untuk menyewa perahu supaya memberitahu polisi. Boleh ke anggota Polisi Perairan atau personel kepolisian dari polsek terdekat," pesan AKP Subandi.

Pemberitahuan itu tentu akan segera ditindaklanjuti. Orang yang dicurigai akan diinterogasi mengenai rencana penyewaan kapal. Apabila murni untuk usaha atau tidak terkait dengan aksi teror maka transaksi persewaan bisa dilanjutkan.

"Kita jaga posisi kondusif saja. Belajar dari sejumlah kasus, jelang tahun baru di Bali selalu jadi pembicaraan media karena sering dijadikan target teror meski beberapa aksi berhasil digagalkan sebelum terjadi. Banyuwangi yang menjadi pintu masuk di sisi barat memang paling rentan dimanfaatkan pelaku teror untuk menyusup ke Pulau Seribu Pura," tuturnya.

Selain mengawasi pelabuhan kecil, rencananya Satpolairud Polres Banyuwangi akan menggelar patroli di Selat Bali. Agenda itu bakal digelar sebelum malam pergantian tahun. Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto kabarnya turut serta dan memimpin operasi perairan.
Sumber : detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply