Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Dugaan Sementara Penyebab Zahro Express Terbakar di Tengah Laut

Pemuda Maritim - Kapal fiber Zahro Express yang melakukan perjalanan dari dermaga Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Minggu (1/1/2017) terbakar di tengah lautan. Kemenhub masih menyelidiki lebih jauh penyebab kebakaran ini, namun demikan diperkirakan adanya percikan api yang mengenai BBM kapal.

“Dugaan sementara ini percikan api kena ke BBM,” kata Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Tony Budiono dikutip BeritaJakarta.com, Minggu.

Menurut dia, kelebihan jumlah manifes penumpang tak dinilai pada peristiwa kebakaran kapal jenis fiber dan kayu itu. Pasalnya, jika kemudian kapal terbalik maka bisa dinilai dari kelebihan muatan. Namun demikian, pada kasus Zahro Express kapal terbakar saat berada di tengah lautan.

Kapal Zahro terbakar di sekitar kurang lebih 1 Notical Mil Kali Adem, Perairan Teluk Jakarta. Awalnya, kejadian dilaporkan oleh Pusdalops BPBD Jakarta kepada Kantor SAR Jakarta pada Pukul 10.15 WIB. Seelanjutnya, pukul 10.30 WIB Kantor SAR Jakarta memberangkatkan RIB 12 Meter menuju lokasi kejadian.

Kantor SAR Jakarta seperti dilaporan Basarnas bahwa ada 224 penumpang yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Mereka terdiri 192 orang langsung kembali ke ke diaman masing-masing, 23 orang dievakuasi ke RS Atmajaya, 2 orang dievakuasi ke RS PIK dan 7 orang dievakuasi ke RS Pluit Jakarta Utara.

Laporan serupa disampaikan oleh Pusdalops BPBD DKI Jakarta bahwa korban sementara kebakaran kapal Zahro Express di Muara Angke menjadi 23 orang meninggal dunia, 17 orang luka-luka, 17 orang hilang.  
Sumber : erabaru.net

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply