Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Empat Gampong Di Ulim Terkena Abrasi Laut

Pemuda Maritim - Dampak dari abrasi pantai Ulim, Pidie Jaya selama 12 tahun terakhir telah menyebabkan pemukiman warga dari empat gampong ‎mulai digerus ombak.

Selain itu, 2.000 hektare lahan tambak warga hancur.

Mulyadi (38) warga Gampong Geulanggang, Kecamatan Ulim kepada Serambinews.com, Selasa (3/1/2017) mengatakan, selama 12 tahun lebih pemukiman warga di empat desa yaitu Gampong Geulanggang, Tinjien Husen, Tijien Daboh, dan Meunsah Bueng hingga saat ini telah digerus oleh ombak sepanjng tahun.

"Terjangan ombak sepanjang tahun telah memangsa pemukiman warga yang hingga kini radiusnya tinggal 3 meter dari bibir pantai dari sebelumnya ratusan meter,"sebutnya.

Kondisi ini sangatlah memprihatinkan bagi keselamatan pemukiman warga terutama jika saat terjadi pasang purnama air laut yang meluap ke pemukiman masyarakat saban bulan rata-rata mencapai hampir 1 meter lebih.

Karenanya, warga di empat gampong meminta pemerintah agar dapat membangun batu penahan ombak sepanjang 3 Km dri bibir pantai guna menyelamatkan aset perumahan serta kebun warga.

Tak hanya sebatas itu saja, dampak dari ambrasi yng semakin ganas selama 12 tahun terakhir psca bencan gemp dn tsunami serta disusul bencan gempa terbaru 7 Desember lalu juga telah menyebabkan 2.000 Ha lahan tambak warga menjadi hancur akibat digerus ombak laut serta patahan gempa.

"Ribuan warga meminta agar pemerintah kabupaten dapat merespon keluhan warga dan jika tak disahuti, kemungkinan besar aset milik warga akan sirna,"ujarnya.‎ (*) .
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply