Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » Nelayan Boroko Melaut Bermodalkan Katinting

Pemuda Maritim - Sejumlah masyarakat di Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berharap bantuan pemerintah untuk nelayan lebih banyak lagi pada tahun 2017.

Bantuan sangat dibutuhkan nelayan, untuk menunjang aktivitas mereka di laut agar mendapatkan nafkah lebih banyak demi meningkatkan perekonomian keluarga, menjadi lebih maju dan sejahtera.

‘’Bantuan yang didapat dari pemerintah baru mesin katinting saja untuk melaut bersama perahu ini. Diharapkan tahun ini ada bantuan lebih banyak lagi, sehingga dapat menunjang aktivitas kami sebagai nelayan, untuk mencari nafkah agar bisa hidup lebih maju dan sejahtera,’’ kata Samsul Lamalaka, warga Desa Boroko Timur.

Menurut Samsul, katinting yang dimilikinya sudah bisa digunakan untuk mencari nafkah, namun hasilnya tidak sebanyak yang diharapkan.

‘’Karena area operasi dengan menggunakan mesin katinting cukup terbatas, maka penghasilan yang didapat tidak menentu, apalagi jika cuaca di laut memburuk. Kadang sekali melaut hasilnya hanya sekitar Rp 100 Ribu saja,’’ jelasnya.

Bantuan yang diharapkan Samsul, yakni adanya mesin, alat tangkap, maupun perahu yang lebih representatif untuk digunakan di laut.

‘’Mudah-mudahan kedepan bisa mendapat bantuan perahu dengan bobot hingga 10 GT, agar bisa menjangkau area laut yang lebih luas untuk mencari nafkah,’’ tegasnya.

Kifly Alamri, warga Desa Boroko Timur lainnya, mengungkapkan hingga kini dirinya belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Semua peralatan yang digunakannya untuk melaut dan mencari nafkah, merupakan aset yang diadakannya sendiri.

‘’Jika hanya mengandalkan katinting memang susah untuk mendapatkan hasil yang optimal. Mudah-mudahan bisa ada bantuan mesin gantung atau dalam, dengan kapasitas lebih besar untuk menunjang operasional di laut lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

Diakui Kifly, dengan belum memadainya peralatan untuk nelayan, maka masyarakat nelayan kesulitan untuk berkembang, sebab masih menggunakan sarana yang tradisional.

‘’Jika memungkinkan, harus lebih modern sehingga nelayan bisa berkembang dan kian maju di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs Hi Depri Pontoh meminta bantuan kepada masyarakat terutama nelayan, harus diatur sebaik mungkin agar tepat sasaran. Artinya, bantuan yang diberikan oleh instansi terkait yakni Dinas Perikanan harus kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Victor Nanlessy, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mengungkapkan, pihaknya akan tetap menyalurkan bantuan kepada masyarakat pada tahun ini, baik karamba apung, hingga peralatan lainnya untuk nelayan, agar menjadi lebih maju.
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply