Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Tolak Larangan Penggunaan Cantrang

Pemuda Maritim - Ratusan nelayan alat tangkap ikan cantrang dari Tegal, Rembang, Juana, dan Pati menggelar unjuk rasa di depan Kantor Dean Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (17/1/2017). Dari pantauan di lapangan, mereka mendatangi Kantor Gubernur dengan membawa spanduk besar. Mereka berjalan secara berdampingan hingga membuat arus kendaraan dari Jalan Pahlawan menuju Simpang Lima tersendat.

Koordinator aksi Darman, menyebutkan demo digelar secara spontanitas dari para nelayan cantrang yang merasa dirugikan atas kebijakan pemerintah. Akibatnya para nelayan tidak bisa lagi melaut dan menangkap ikan karena adanya larangan penggunaan alat tangkap ikan cantrang.

Para nelayan menuntut agar pemerintah melegalkan penggunaan cantrang bagi para nelayan. Mereka juga menuntut agar pemerintah mencabut pelarangan alat ikan cantrang, sebab jika cantrang dilarang maka akan menyengsarakan nelayan yang hanya menggunakan cantrang sebagai satu-satunya alat untuk menangkap ikan.

Kebijakan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti yang memberikan masa transisi penggunaan cantrang selama enam bulan, menurutnya adalah bohong. Terbukti masih banyak nelayan yang menggunakan alat cantrang ditangkap aparat.

Para petani berharap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dapat ikut memperjuangkan nasib para nelayan yang kini semakin terancam aktivitasnya. Mengingat hampir seluruh nelayan di Jawa Tengah menangkap ikan hanya menggunakan alat cantrang.
Sumber : manteb.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply