Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Atur Proyek Pariwisata, Bali Siapkan Aturan Perlindungan Nelayan

Pemuda Maritim - Rancangan Peraturan daerah (Perda) terkait perlindungan "krama bendega" atau masyarakat nelayan di Kabupaten Badung, Bali, memasuki tahap studi akademik.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung I Made Badra di Mangupura, Selasa(7/2), membeberkan Perda ini akan dibahas bersama badan legislasi (Baleg), konkritnya perlu dibentuk panitia khusus yang menangani permasalahan nelayan.

"Upaya ini dilakukan untuk melindungi nelayan dari dari investor hotel yang mengklaim kawasan pesisir pantai di Badung ini, karena nelayan juga memiliki hak untuk menempati pesisir pantai," ungkap Badra.

Perda ini dimaksudkan agar jarak publik (Public Space) khususnya nelayan di Kawasan pesisir memiliki hak seluas-luasnya dalam menggunakan area pantai itu.

"Pembahasan Perda ini segera dibahas pada sidang pertama dalam waktu dekat bersama dewan," imbuhnya.

Badra optimis, Perda "Krama Bendega" disahkan pada trimester pertama (Juni 2017), karena diyakini mampu melindungi nelayan sehingga tidak tergusur lantaran masifnya akomodasi pariwista di kawasan pesisir Badung.

Sementara itu, Badra juga mengkonsep peningkatan kesejahteraan nelayan dengan melibatkan nelayan dalam mendukung pariwisata di Badung selain bermatapencarian mencari ikan.

"Dengan adanya konsep ini menjadi satu kesatuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Tanpa menyampingkan tugasnya sebagai nelayan karena ikan dibutuhkan masyarakat," terangnya.

Ia menambahkan, Pemkab Badung membuat Perda juga bertujuan untuk melindungi 17 Pura Segara di daerah itu.

"Pemkab Badung juga memberikan bantuan dalam upaya pelestarian budaya seperti memberikan bantuan untuk kegiatan ritual, memperbaiki tempat ibadah itu di Badung ini," pungkas Badra.
Sumber : www.arah.com


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply