Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Cegah Sampah Mengalir ke Laut

Pemuda Maritim - Tema peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini adalah Pengelolaan Sampah Terintegrasi dari Gunung, Sungai dan Laut untuk Wujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020. Rangkaian HPSN 2017 di Bali diperingati dengan melakukan Kegiatan Bersih Pantai yang dilakukan serentak di 40 titik lokasi di seluruh Bali hari Minggu (19/2).

Sekitar 20.000 orang yang berasal dari berbagai unsure masyarakat, pemerintah, komunitas dan dunia usaha terlibat dalam kegiatan ini, sebagai upaya mengurangi timbulan sampah dan sampah plastik, khususnya di pantai dan laut.

Turut hadir mewakili Menteri LHK, yaitu Staf Ahli Menteri LHK, Ilyas Asaad dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Ade Palguna Ruteka. Dalam kesempatan ini, juga diluncurkan Program Drop Box untuk sampah kemasan air minum berbahan polyethylene terephthalate/ PET dan Drop Box untuk sampah kemasan minuman berbahan karton.

Peluncuran dilakukan oleh Staf Ahli Menteri LHK, Ilyas Asaad bersama Direktur Pembangunan Berkelanjutan AQUA Grup/Danone Indonesia, Karyanto Wibowo dan Environment Manager Tetra Pak, Reza Andreanto, serta pemangku kepentingan lainnya di Hotel Tugu, Pantai Canggu, Bali.

Program Drop Box Sampah Kemasan ini merupakan upaya pengurangan sampah kemasan sebagai bagian dari Program Pengelolaan Sampah Kementerian LHK menuju Indonesia Bersih Sampah 2020. Drop box ini akan disebarkan di enam lokasi perbelanjaan (supermarket) Circle K dan Hypermart di Bali, sebagai tempat pengumpulan sampah kemasan PET dan sampah kemasan karton.

Sampah kemasan yang terkumpul di drop box nantinya akan diambil oleh pengusaha daur ulang yang bermitra dengan kedua perusahaan tersebut untuk diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Semoga langkah konkret ini bisa berkelanjutan dan menjadi bagian integral dari pengelolaan sampah yang baik.
Sumber : beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply