Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Kadar Oksigen Laut Dunia Dinilai Semakin Menurun

Pemuda Maritim - Kalangan ilmuwan dari GEOMAR Helmholtz Centre for Ocean Research di Kiel, Jerman, menyebutkan, kadar oksigen laut yang ada di seluruh dunia terus mengalami penurunan. Perubahan iklim menjadi salah satu penyebab utama penurunan tersebut.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature, Rabu (15/2), menyebutkan, ditemukan fakta adanya penurunan kadar oksigen laut yang mencapai lebih dari 2 persen di seluruh dunia dalam kurun waktu antara tahun 1960 sampai dengan 2010.

Menurut Dr Sunke Schmidtko, yang melakukan penelitian bersama Lothar Stramma dan Martin Visbeck, penurunan ini memiliki konsekuensi terhadap kelangsungan hidup organisme laut jika terus terjadi.

"Hilangnya kadar oksigen laut diasumsikan dari sejumlah model penelitian. Selain itu, ada banyak analisis regional yang menunjukkan terjadinya penurunan kadar oksigen di sejumlah wilayah lautan," kata Schmidtko.

Tingkat penurunan kadar oksigen, kata dia, terjadi dibeberapa wilayah lautan di seluruh dunia. Volume terbesar dari penurunan kadar oksigen terjadi di Samudera Pasifik. Berdasarkan persentase, penurunan paling tajam terjadi di Samudra Arktik, wilayah yang menghadapi perubahan iklim paling pelik di muka bumi.

"Kadar oksigen sangat penting untuk kehidupan organisme laut, namun tingkatannya sendiri sangat tipis. Tidak seperti di atmosfer, dimana gas bercampur secara menyeluruh, untuk mencapai pembentukan oksigen di laut jauh lebih sulit," tambahnya.
Sumber : www.beritasatu.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply