Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Kupang Didorong Bikin Koperasi

Dinas Perikanan Kota Kupang mendorong para nelayan di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu membentuk koperasi usaha bersama, sebagai akses mendapatkan permodalan untuk keberlanjutan usahanya.

"Dinas tentu hanya bisa memberikan dorongan serta saran kepada para nelayan, karena hal ini bukan merupakan sebuah kewajiban. Semua tergantung pilihan para nelayan," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang Otniel Pello di Kupang, Kamis (23/2).

Selain bisa mendapatkan akses permodalan, dengan berkoperasi setiap nelayan akan bisa mendapatkan tempat menyimpan sejumlah hasil tangkapan dan budidayanya, untuk bisa dijadikan jaminan masa depan keluarganya.

"Dinas juga bisa membantu dengan memberikan keterangan yang menegaskan bahwa calon penerima bantuan adalah benar-benar nelayan di Kota Kupang. Ini penting agar tidak ada orang yang nantinya mengatasnamakan nelayan tetapi bukan nelayan," katanya.

Memang secara kelembagaan Dinas perikanan Kota Kupang belum memiliki banyak anggaran untuk bisa memberikan sejumlah bantuan kepada para nelayan baik berbentuk alat tangkap maupun dalam bentuk permodalan lainnya.

Namun demikian, lanjutnya, secara berangsur dan konstan, akan tetap ada dorongan bantuan sebagai stimulan bagi para nelayan.

Terhadap target PAD yang menjadi pekerjaan rumah bagi dinas tersebut di tahun anggaran 2017 ini, Otniel mengaku berjumlah Rp225 juta, yang diperoleh dari pos pembuatan perizinan khusus untuk surat izin penangkapan dan pos lainnya yaitu sarana prasarana nelayan, misalnya, kedai pesisir yang menjual sejumlah hasil olahan ikan, tempat pendaratan ikan dan sejumlah fasilitas perikanan lainnya.

Target ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya di 2016 yang ditetapkan berjumlah Rp200 juta. "Kami sangat optimistis target capaian itu akan bisa dipenuhi," kata Otniel Pello.Budi Suyanto .
Sumber : www.tabloidjubi.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply