Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Pemda Dorong Nelayan Beralih ke Budi Daya Ikan

Pemuda Maritim - Pemerintah Kabupaten Indramayu  yang memiliki panjang pantai sekitar 147 Km, namun tidak bisa  memaksimalkan potensi kekayaan laut.Kondisi itu karena terkendala regulasi kewenangan dalam pengelolahan pantai.

“Saat ini, pemerintah daerah tidak bisa mengembangkan secara optimal potensi kekayaan laut mengingat tidak mempunyai kewenangan dalam pengelolaan pantai,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, H. Ahmad Bahtiar.

“Dalam regulasi tersebut pengaturan zona diatas 0 Kmpantai sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Barat,” ujarnya

Dikatakan Bahtiar, melihat jumlah nelayan makin meningkat,sebagai solusinya Pemkab Indramayu mendorong masyarakat pesisir beralih ke budidaya ikan. Pihaknya akan terus menggenjot agar masyarakat nelayan memanfaatan budidaya ikan.

Pengalihan ke budi daya ikan, tambahnya, sangat efektif dilakukan karena salah satu alasanya mayoritas masyarakat Indramayu adalah masyarakat pesisir. Selain itu, sudah adanya teknologi yang memudahkan para pembudidaya sehingga diharapkan akan meningkatkan produktivitas.

“Di beberapa wilayah Indramayu sudah banyak masyarakat yang beralih ke budidaya. Salah satunya di Kecamatan Balongan, dimana masyarakat lebih memilih menjadi pembudidaya udang berjenis vaname,”ungkapnya

Sementara itu, Bupati Indramayu, Anna Sophana dalam sambutan peresmian Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dadap beberapa waktu lalu menyampaikan, Kabupaten Indramayu yang memiliki panjang pantai di sekitar 147 KM, seharusnya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk usaha perikanan dan kelautan.

Namun demikian, ujarnya, kekayaan ini belum bisa dimanfaatkan secara optimal karena adanya keterbatasan terutama dalam penangkapan ikan yang masih didominasi nelayan kecil dengan armada di bawah 10 Gross Ton (GT).

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indramayu, Junedi meminta pihak pemda terus melakukan terobosan baru bagi para pembudi daya, baik dengan menata sumber daya manusia (SDM) maupun pemenuhan teknologi pendukungnya.

“Sehingga hal itu bisa diterapkan di masyarakat, baik diwilayah pesisir maupun perkotaan. Termasuk juga mensuport warga yang lebih memilih menjadi nelayan untuk beralih ke budi daya ikan.Tujuanya untuk mensejahterakan masyarakat, tinggal apa yang akan dijalankanya,”pungkasnya.
Sumber : news.fajarnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply