Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » WOS 2017, Walkot Makassar Bicara Penanganan Sampah Plastik di Laut

Pemuda Maritim - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto kembali didapuk menjadi pembicara di forum internasional, World Ocean Summit 2017. Di forum itu, Danny berbicara tentang penanganan sampah plastik di Laut Makassar dengan tema: Solid Plastic Waste from Makassar Save Our World.

Forum yang digagas media asal Inggris, The Economist, itu mengusung tema 'Local Solutions to Global Issues' dengan menghadirkan seluruh high level rank officer ataupun high level CEO dari berbagai belahan dunia.

World Ocean Summit ini dihelat selama dua hari pada 22-24 Februari 2017. Forum ini dijadwalkan akan ditutup Presiden Joko Widodo.

Di hadapan peserta World Ocean Summit di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/2/2017), Danny menyampaikan terobosan Makassar mengelola sampah plastik di laut berinovasi dengan "PATTASAKI" dalam angkat dan angkut sampah di laut.

Perhatian Pemerintah Kota Makassar terhadap ekosistem laut juga ditunjukkan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017, yang dipusatkan di laut. Danny bersama petinggi Kodam VII Wirabuana dan Polda Sulsel memunguti sampah di sepanjang area Center Point of Indonesia (CPI).

"Selain peduli pada sampah laut, Pemerintah Kota melakukan inovasi dengan membentuk bank sampah, Makassar memiliki 15 bank sampah sektoral dan 500 bank sampah unit se-Kota Makassar," terang Danny dalam keterangan tertulis kepada detikcom.

Salah satu bank sampah sektoral yang dimiliki Makassar yang berada di pulau-pulau sekitar Kepulauan Spermonde mampu berkontribusi dengan menukar sampah plastik dengan beras, voucher listrik, bahkan yang terbaru sampah ditukar dengan emas kerja sama dengan Pegadaian.

Danny juga memberikan gambaran bagaimana laut di Makassar memiliki potensi yang sangat indah dengan ditanganinya sampah plastik.

Makassar termasuk salah satu kota yang mendapat julukan 'The Best Sunset in The World' dan 'The Best Waterfront City in The World'.
Sumber : detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply