Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bikin Merinding! Adegan Tari Memanggil Roh Halus Tradisi Suku Laut Bius Pengunjung Festival Bintan

Pemuda Maritim - Tiga pemuda mengangkat perahu berisi sesajian, bentuk persembahan terhadap laut atas rasa syukur. Wujud rasa syukur itu disimbolkan dengan melarungi miniatur perahu yang diisi dengan berbagai sesaji makanan.

Usai perahu diletakan, ba adnan, pemimpin upacara adat masuk ke tengah. Badannya bergerak lambat, namun perlahan makin cepat mengikuti tabu gendang dan petikan gambus.

Kepala suku itu pun menari dan sekaligus bernyanyi memanggil roh roh halus datang. Tak lama dia pun menaburi laut dengan potongan kembang kembang ke segala penjuru. Yang lain pun mulai menari, mengiringi sang kepala suku.

Adegan dramatik itu memuncak, ketika mantra mantra suci pemanggilan roh halus dibacaka dan berakhir manakala perahu akhirnya mengarungi lautan luas. Ritual adat pun selesai.

Arwiyanto, sang koreografer sanggar tari seni Tuah Pusaka sukses mengelaborasi tema itu dalam sajian tarian yang apik dan energik. Setiap titik titik dramatik disampaikan dengan cukup rapi, detail namun tetap menghibur.

Penonton pun seperti hanyut, tak berkedip mengikuti adegan demi adegan dalam pemetasan tarian ritual suku laut di panggung festival. Begitu tarian usai, gemuruh tepuk tangan penonton membahana ke seluruh penjuru lapangan Relief Antam di Kijang Kota Sabtu (18/3) malam. “I love you Bintan Timur,”teriak diantaranya.

Festival Tari Bintan 2017 akhirnya mengukuhkan tradisi melarung, atau menghanyutkan sesembahan dalam kehidupan suku laut Bintan itu sebagai jawara.

Tiga dewan juri festival sepakat tema itu layak ditetapkan sebagai pemenang Festival Tari Bintan 2017 . Dengan demikian, sanggar seni Tuah Pusaka berhak mewakili Bintan dalam parade tari 2017 tingkat Kepuluan Riau yang akan berlangsung beberapa bulan mendatang.

Tengku Parman, salah satu dewan juri festival mengatakan, peluang Bintan untuk bisa menembus trofi juara pada tingkat Kepri nanti besar dengan catatan memperhatikan beberapa hal.

Diantara fokus pada tema, juga sinopsis. “Kejar habis itu, karena peluang untuk menang (tingkat Kepri) itu nampak terbaca oleh saye, kalau itu digarap lebih serius lagi dari sisa waktu yang masih tersisa, pastilah bisa itu,”kata dia. (*)
Sumber : tribunnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply