Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » BMKG Imbau Tak Melaut, Nelayan di Banyuwangi Nekat Berlayar

Pemuda Maritim -  BMKG mengeluarkan imbauan kepada nelayan untuk waspada melaut. Pasalnya gelombang laut di perairan pantai selatan dan sekitarnya dalam sepekan terakhir mencapai 5 meter disertai angin kencang, hujan dan petir.

"Imbauan bagi nelayan di perairan pantai selatan untuk waspada karena gelombang tinggi diatas 2 meter bisa mencapai 5 meter disertai petir dan cumulonimbus (CB) masih sering menyelimuti langit wilayah Banyuwangi. Angin di darat menuju barat daya dengan maksimum bisa 30 km/jam. Tapi kalau di pantai selatan bisa lebih kencang, bisa 2 kali lipat lebih kencang," ungkap Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triono Hadi saat ditemui detikcom di ruangannya, Rabu (22/3/2017).

Potensi curah hujan di Banyuwangi, kata Anjar, masih rata menyelimuti di kawasan Kabupaten Banyuwangi dengan intensitas ringan hingga sedang. Umumnya hujan terjadi di siang hingga sore hari. Perubahan cuaca yang berubah-ubah tersebut memicu munculnya awan CB yang berpotensi angin puting beliung.

"Waspada awan cumulonimbus, karena potensi hujannya pada siang dan sore maka diwaspdadai pada waktu-waktu itu. Petir, angin kencang hingga angin puting beliung," imbau Anjar.

Meski diberi imbauan dari BMKG, tidak semua nelayan mematuhi imbauan tersebut. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Banyuwangi, Hasan Basri menambahkan, 26 ribu nelayan lebih yang tergabung dalam HSNI Kabupaten Banyuwangi tetap melakukan aktivitas berlayar secara normal. Nelayan biasanya beraktivitas pada pukul 02.00 WIB dini hari dan kembali ke darat sekitar pukul 09.00 wib.

"Memang gelombang tinggi dan angin kencang, tapi masih bisa melaut. Nelayan diminta lebih waspada," kata Hasan.

Meski tetap beraktivitas seperti biasa, Hasan mengungkapkan jika nelayan diminta waspada saat melaut. Untuk keselamatan selama berlayar, beberapa perahu dengan kapasitas tertentu diminta untuk mengikuti aturan. Seperti perahu dengan kapasitas dibawah 7 Gross Tonnage (GT) diharapkan berlayar tak lebih dari 2 mil. Sementara kapasitas 7 GT hingga 30 GT bisa berlayar hingga lebih dari 12 mil.

"Di bawah 7 GT berlayar dipinggiran saja, sekitar 1 mil hingga 2 mil. Kalau 7 GT hingga 30 GT bisa 12 mil lebih," pungkasnya.
Sumber : news.detik.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply