Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Investasi Perikanan Arab Saudi Harus Libatkan Masyarakat Sekitar


Menurut Nico, selama ini investasi yang dilakukan oleh asing di sektor pengolahan ikan tidak melibatkan masyarakat sekitar. Akibatnya mereka hanya menjadi penonton di daerah mereka sendiri.

"Di desa-desa nelayan memiliki badan usaha milik desa, koperasi nelayan, itu harus dilibatkan. Sehingga, mereka pun mendapatkan manfaat dari investasi," kata Nico saat dihubungi, Rabu (1/3).

Dia menuturkan, keterlibatan masyarakat akan menyerap tenaga kerja. Pada sektor pengolahan biasanya akan banyak melibatkan kaum perempuan. Ini akan menjadi penghasilan tambahan bagi mereka. "Setelah itu, jangan lupa hak asasi manusia perikanan diperhatikan, juga kelangsungan alam serta lingkungan sekitar," katanya.

Nico menyebut, selain menawarkan investasi kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alssaud, pemerintah harus memikirkan peta jalan perikanan. Peta jalan penting dibuat agar investasi terintegrasi dan menjadi pemantik majunya perekonimian. "Jangan sekadar dapat investasi, jadi bagaimana dana yang ada benar-benar memajukan perikanan olahan," pungkasnya.

Sebelumnya, Dirjen Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja menyatakan, pihaknya telah membuat draf nota kesepahaman (MoU) investasi di sektor perikanan dan pengolahannya. Diharapkan draf bisa menjadi jalan pengembangan pengolahan perikanan.

Menurut dia, industri pengolahan ikan terutama ikan kaleng cukup diminati oleh Arab Saudi. Hal ini karena kebutuhan ikan kemasan di Arab Saudi cukup besar terutama saat musim umrah dan ibadah haji.


Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Nico Amrullah mengatakan, investasi yang akan ditawarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) harus melibatkan masyarakat sekitar. Hal itu terkait dengan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud.
Sumber : www.jawapos.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply