Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » » Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Beri Kuliah Umum di UNDIP

Sumber. RRI
Semarang- Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan tema “Keamanan Laut Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”, Rabu (15/3). Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip, Wakil Rektor IV, Pengurus IKA Undip, Civitas akademika, Jajaran TNI AL dan mahasiswa dari beberapa universitas di Jawa Tengah.

Dalam kuliah umumnya, Laksamana Ade Supandi menjelaskan bahwa Visi Poros Maritim tidak bisa diwujudkan dengan upaya yang ala kadarnya. Setidaknya ada tiga aspek yang harus dipenuhi antara lain aspek diplomasi, investasi, dan security. Dan salah satu tantangan terbesar dalam perwujudan poros maritim adalah Sumberdaya Manusia (SDM) yang terbatas.
Sumber. APMI
“Masyarakat Indonesia yang berpartisipasi langsung dengan maritim baru 1%. Kita harus menambah SDM di bidang maritim lewat implementasi Budaya Maritim,” Kata Kasal
Selain sumberdaya yang berlimpah, Indonesia juga memiliki potensi geopolitik yang luar biasa terbukti dengan adanya Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang menjadi jalur emas perdagangan internasional. Dan masalah geopolitik tentu sangat erat kaitannya dengan aspek hukum serta pertahanan dan keamanan laut.

Lalu bagaimana peran dari TNI AL dalam mewujudkan Visi Poros Maritim?
“ TNI AL memiliki 3 peran yaitu peran militer, diplomasi, dan konstabulari,” tambahnya.

Adapun upaya yang dilakukan TNI AL antara lain menggelar operasi laut meliputi operasi pengamanan ALKI, perbatasan dan penegakan kedaulatan. Selain itu TNI AL juga melaksanakan pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional baik dari alusista, personel maupun organisasi.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply