Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Nelayan Bontang Melek Teknologi, Aplikasi Pantau Ikan Siap Di-launching

Pemuda Maritim - Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bontang, Kalimantan Timur berencana meluncurkan aplikasi  pemantau kondisi laut bagi para nelayan Bontang (e-Fishery). Terobosan ini dilakukan untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan, dengan menggunakan teknologi digital berbasis online.

Kepala Diskominfotik, Dasuki mengatakan proyek hasil kerja sama antara Pemkot Bontang dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) Nasional ini, ditargetkan dapat diaktivasi tahun ini.

“Target kita tahun ini berjalan, semoga saja tidak ada kendala. Ini sesuai dengan jargon Kota Bontang, Smart City,” kata Dasuki saat ditemu di kantornya, Selasa, 7 Maret 2017.

Dijelaskan, e-Fishery nantinya dapat digunakan pada ponsel pintar (smartphone). Para nelayan cukup mengunduh aplikasi ini melalui telepon mereka tanpa dikenakan biaya alias gratis. Dengan layanan ini, nelayan bisa memantau lokasi ikan, maupun prakiraan cuaca yang terjadi di perairan.

Nantinya, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada nelayan Bontang sebelum program ini diluncurkan. Harapannya, para nelayan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, sehingga tingkat kesejahteraan pelaut Bontang bertambah.

Sementara itu, lanjut Dasuki, sebagai tahap awal pihaknya sudah memasang sambungan internet di Pulau Gusung. Warga di pulau tersebut, sudah memanfaatkan layanan internet tersebut sejak beberapa waktu lalu. Sehingga saat program ini berjalan, warga sudah luwes menggunakan layanan Dalam Jaringan (Daring).

“Sudah kita pasang internet di Pulau Gusung, mereka sudah bisa mengakses internet sejak beberapa waktu lalu,” kata dia. 

Disaat bersamaan, Sekretaris Diskominfotik, Ririn Sari Dewi mengungkapkan sudah mengusulkan proposal anggaran ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebesar Rp 200 juta. Dana itu, rencananya untuk pembiyaan sejumlah program Diskominfotik, salah satunya pengadaan aplikasi online e-Fishery. (*)
Sumber : www.klikbontang.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply