Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Selamat Hari Air Dunia: Pentingnya Air Bersih Bagi Kehidupan

Air merupakan kebutuhan yang mutlak bagi setiap makhluk di bumi.  Dimana ditemukan Sumber mata air,  disitu pula terjadinya sebuah proses kehidupan.
Sebagai elemen yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia,  air tentu perlu dimanfaatkan secara bijak.

Kualitas kebersihan air yang digunakan tentu perlu menjadi edukasi utama bagi masyarakat.  Data UNICEF pada tahun 2012, bahwa tingkat kebersihan air yang rendah telah menyumbang angka 31% kematian balita usia 1-12 bulan. Bahkan 66% beresiko lebih tinggi diderita oleh balita yang hidup di pemukimanan padat dan dekat dengan aktifitas perindustrian.

Kota Jakarta,  yang dihuni oleh  kurang lebih 9.988.495 warga, serta memiliki kebutuhan penggunaan air sebanyak 21 ribu liter per detik.

Kuantitas dan kualitas air yang diperoleh masyarakat Jakarta di perkotaan tentu memiliki nilai yang berbeda dengan masyarakat Jakarata yang umumnya bermukim di kawasan pesisir dan pemukiman padat penduduk.

Limbah dan pencemaran air menjadi tantangan setiap hari bagi warga Jakarta yg berada di pesisir maupun di pemukiman. Pencemaran limbah rumah tangga maupun pabrik bahkan dapat menimbulkan masalah yg kompleks.

Bukan hanya menyumbangkan polusi air yang mengakibatkan pada penyakit kulit ataupun kematian akibat berbagai penyakit seperti diare,  kolera, tipus, dan malaria.  Polusi air limbah juga berperan terhadap tingkat stress dan emosional manusia. Air limbah tentu mengeluarkan aroma tak sedap serta mengakibatkan kerusakan lingkungan. Kedua masalah tersebut berefek pada kenyamanan layak hidup dan buruknya daya bersosialisasi masyarakat.

Budaya penggunaan air tepat guna dan optimal belum banyak diterapkan oleh warga Jakarta di pemukiman padat. Air semestinya diatur sesuai dengan jumlah kebutuhan perhari, banyaknya jumlah air bersih dan arahan penggunaan.

Seperti misalnya, mengontrol penggunaan air bersih diutamakan untuk kebutuhan makan,  mandi,  dan pakaian. Sedangkan air limbah dapat diproses melalui water treatmen yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Water treatment juga dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan dengan meminimalisir pencemaran zat berbahaya.

Euis Zulfianti
Sekretaris APMI Komda DKI Jakarta

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply