Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » 50 Persen Nelayan Abdya Belum Miliki KTA

 Pemuda Maritim - Setidaknya 50 persen dari 4.000 orang nelayan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) belum memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Nelayan. Para nelayan tersebut belum menyerahkan berkas persyaratan pada Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) setempat.

Panglima Laot Kabupaten Abdya, Hasanuddin kepada GoAceh, Rabu (12/4/2017) membenarkan, hampir 50 persen nelayan di daerahnya belum mengantongi KTA Nelayan.

Penyebabnya, para nelayan tersebut enggan menyerahkan foto copy KTP sebagai persyaratan.

Menurutnya, keengganan nelayan menyerahkan foto copy KTP itu dikarenakan mereka menilai syarat tersebut sarat unsur politik karena dilakukan pada saat proses tahapan Pilkada.

“Dulukan proses tahapan Pilkada, maka nelayan enggan menyerahkannya karena takut disalahgunakan KTP nya,” aku Hasanuddin.

Saat ini, lanjut Hasannuddin, sudah banyak nelayan yang menyerahkan persyaratan tersebut, selain sudah selesainya Pilkada juga mereka banyak yang tau manfaat kepemilikan KTA Nelayan tersebut.

Sementara itu, Kepala DKP Abdya melalui Kabid Kelautan, Darwilis mengakui rendahnya partisipasi warga untuk mengurus KTA Nelayan, mungkin karena  masyarakat belum merasakan manfaatnya.

“Sebenarnya Kartu Nelayan ini juga salah satu syarat utama untuk mendapatkan kartu asuransi nelayan yang diberikan pemerintah. Kita telah berulang kali mencoba dengan cara menjemput bola ke lapangan, tetapi partisipasi masyarakat nelayan masih sangat rendah," sebut Darwilis.
Sumber : www.goaceh.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply