Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Wisata Danau Singkarak Dan Keunikan Didalamnya


PEMUDA MARITIM - Lautan air yang cukup jernih, sampan-sampan para nelayan yang bertebaran di permukaan danau untuk mencari ikan, ditambah lagi dengan pemandangan hijau yang ada di sekitar danau. Ya, pemandangan semacam ini yang nantinya akan Anda jumpai di objek wisata di Sumatera Barat ini. Karena pesona keindahannya, danau ini menjadi salah satu objek wisata yang cukup ramai dikunjungi. Tak  hanya itu saja, ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan untuk bisa menikmati keindahan danau singkarak.

Danau singkarak yang terbentang luas ini tidak banyak jenis ikan yang hidup di perairannya. Hanya ada sekitar 19 jenis ikan yang sudah tercatat mampu bertahan hidup di danau tersebut. Hal ini dimungkinkan karena terbatasnya jumlah plankton yang jadi makanan pokok ikan pada umumnya. Di sini Anda bisa berenang d air danau yang jernih, naik sampan untuk mengelilingi danau, memancing di tepian danau, atau ikut nelayan menangkap ikan. Jika Anda berwisata ke danau singkarak, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan tempat wisata ini. Danau yang berlatar belakangkan bukit barisan yang hijau ini sayang sekali untuk dilewatkan. Lantas, hal unik yang menarik apa yang ada di objek wisata danau singkarak tersebut?

Hal Unik dan Menarik Di  Objek Wisata Danau Singkarak

Tour de singkarak 
Danau singkarak jadi bagian dari tour de singkarak, sebuah event balap sepeda tingkat international yang rutin sekali diselenggarakan setiap tahunnya. Tour de singkarak ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Amaury Sport Organisation, penyelenggara event serupa yang ada di Perancis, tour de france. 

Ikan bilih di danau singkarak 
Tercatat sekitar 19 jenis ikan yang mampu hidup di perairan danau singkarak sekarang ini. Salah satu dari jenis ikan tersebut bernama ikan bilih. Yang mana ikan ini menjadi ikan teristimewa sebab hanya bisa hidup di danau ini saja. Banyak yang mencoba untuk bisa mengembangkiakkan ikan tersebut di luar danau singkarak, tetapi selalu gagal, sebab ikan ini selalu mati. 

Panjang danau singkarak bisa bertambah dari waktu ke waktu 
Karena tergolong ke dalam kategori danau tektonik, ukuran dari danau ini masih bisa berubah mengikuti pergeseran lempeng bumi. Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa awalnya danau ini hanya 3 kilometer, lalu bertambah menjadi 8 kilometer, dan sekarang menjadi 23 kilometer, panjang dari danau ini diperkirakan masih akan terus bertambah. 

Demikianlah ulasan objek wisata danau singkarak serta hal-hal menarik didalamnya.Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata khususnya untuk anda yang tinggal didaerah Sumatera Barat. Dengan panorama yang indah dan berbagai aktivitas didalmanya, berlibur di danau singkarak menjadi momen yang tak terlupakan. source : sobatpetualang.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply