Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Bangun Poros Maritim, Istana Sambut hasil Rekomendasi JNPMP II Maluku

PEMUDA MARITIM - Sehubungan dengan telah dilaksanakannya Jambore Nasional  Poros Maritim Pemuda (JNPMP) ke-II di Provinsi Maluku pada tanggal 24-28 April 2017 yang lalu, selanjutnya Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menyampaikan hasil Rekomendasi kegiatan tersebut kepada Pemerintah Pusat.

Ditemui di Kantor Staf Presiden di Kompleks Istana Negara usai melakukan Audiens dengan Kepala Staf Presiden RI Teten Masduki, Ketua DPP KNPI Bidang Maritim dan Kelautan Baharudin Farawowan mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang meneruskan hasil Rekomendasi  Jambore Nasional  Poros Maritim Pemuda  (JNPMP) II Maluku kepada Presiden Jokowi dan instansi terkait lainnya seperti Menko bidang Kemaritiman, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan dan Kepala Bakamla RI serta Instansi terkait lainnya.

“Kami baru saja diterima kepala Staf Presiden Bapak Teten Masduki untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan moril sehingga terlaksananya JNPMP II di Provinsi Maluku serta meneruskan hasil Rekomendasi JNPMP II kepada beliau untuk selanjutnya disampaikan kepada Bapak Presiden Jokowi sebagai bentuk Partisipasi pemuda dalam pengembangan Kemaritiman dan Kelautan di Indonesia,“ ujar Farawowan biasa disapa di Jakarta (25/5).

Selanjutnya menurut Baharudin Farawowan yang juga mantan sekretaris Tim Kampanye Jokowi-JK Provinsi Papua ini  menyatakan dalam pertemuan itu pihaknya turut menyampaikan permohonan dukungan dari Kantor Staf Presiden agar Rekomendasi JNPMP II Maluku ini dapat diterima langsung oleh Pimpinan Instansi terkait.

"Kami DPP KNPI telah mendukung program nasional Pemerintahan Bapak Jokowi agar menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia namun sudah dua kali DPP KNPI melaksanakan JNPMP namun ada Pimpinan Instansi yang terkait belum menerima DPP KNPI. Padahal kami sudah menyurat berulang kali bahkan mengirim undangan dalam Pembukaan dan bolak balik di kantornya," keluhnya.

Jika hal itu terus terjadi, ia pesimis Poros Maritim Dunia akan terwujud. Karena menurutnya peran pemuda dalam rangka mewujudkan visi luhur itu terbilang sangat besar.

"Bagaimana Indonesia akan menjadi Poros Maritim Dunia jika ada instansi terkait atau pemerintah tidak dapat bersinergi dengan Pemuda," pungkasnya.

Selain itu dalam pertemuan tersebut Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan menyambut baik dukungan Pemuda Indonesia dengan mengucapkan sukses atas pelaksanaan (JNPMP) II Maluku yang baru saja berakhir.

"DPP KNPI ini terstrukur dari pusat hingga daerah sehingga dapat menjadi garda terdepan bukan saja soal kemaritiman namun juga dalam memerangi Radikalisme dan Narkoba dimana Pemuda juga menjadi target utama," kata Teten seperti yang disebutkan Farowowan.

Teten juga menyampaikan permohonan maaf Presiden Joko Widodo karena tak dapat hadir dalam pelaksanaan JNPMP II di Maluku. Tetapi presiden telah mengutus Menpora untuk mewakilinya dalam event tersebut.

Dalam pertemuan itu juga Tetan Masduki mengharapkan Satgas Maritim Pemuda yang telah didirikan DPP KNPI selain bertugas menjaga kedaulatan maritim,penanggulangan bencana tsunami juga sebagai barisan terdepan dalam menangkal Radikalisme dan Narkoba.

"Saat ini banyak penyelundupan narkoba lewat laut utamanya pelabuhan-pelabuhan kecil dan daerah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga. KNPI harus dapat mengambil bagian untuk itu selain tugas menjaga kedaulatan maritim dan penanggulangan bencana tsunami  tentunya," lanjut Teten.

Sebagaimana diketahui Saat usai Pembukaan Kongres XIX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Palu tanggal 15 Mei 2017 lalu, Presiden Jokowi menyalami Perwakilan DPP KNPI yang hadir yaitu Ketua KNPI Sulawesi Tengah. Dalam pembukaan tersebut presiden menyatakan pihaknya menunggu hasil rekomendasi rekomendasi (JNPMP II) Maluku.


Sumber: MaritimNews

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply