Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Dalam Rangka Naval Diplomacy, Kasal Pakistan Kunjungi Koarmabar


PEMUDA MARITIM - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Pakistan Laksamana Muhammad Zakaulah, NI (M). di Ruang VVIP Gedung Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No.67, Jakarta Pusat, Rabu (10/5).

Kunjungan itu merupakan bagian dari Naval Diplomacy (Diploamsi Angkatan Laut) yang dilakukan oleh kedua negara untuk membahas beberapa hal mengenai kondisi terkini. Naval Diplomacy juga merupakan bentuk Navy brotherhood dalam menjaga perdamaian dunia.

Dalam kesempatan itu, Pangarmabar mengatakan bahwa Indonesia dan Pakistan memiliki hubungan dan kerja sama yang baik. Kerja sama kedua Angkatan Laut telah dibangun selama ini diantaranya pertukaran informasi, latihan bersama dan pertukaran pendidikan perwira.

Beberapa waktu lalu, kedua Navy ini juga mesra dalam Western Pacific Naval Symposium (WPNS) ke-15, Indonesia Fleet Review dan Multilateral Naval Exercise yang merupakan rangkaian kegiatan Latihan Bersama Multilateral Komodo ke-2 Tahun 2016 di Sumatera Barat. Delegasi Pakistan mengirimkan pesawat intai Maritim P-3 Orion pada event tersebut.

Lebih lanjut lulusan AAL tahun 1987 ini juga mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan mempunyai garis pantai yang panjang dan geografi negara yang strategis, sektor kelautan menjadi penting di dalam pertahanan sebagai upaya menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

“Menghadapi perkembangan dinamika yang terus berkembang, kerja sama adalah kunci utama. Kerja sama bilateral maupun multilateral merupakan salah satu bentuk untuk menjaga stabilitas keamanan maritim,” kata Pangarmabar.

Sebagai penjaga stabilitas keamanan di laut wilayah barat, Koarmabar berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan keamanan perairan wilayah barat demi kepentingan nasional dan regional.

“Untuk mewujudkan komitmen tersebut saat ini Koarmabar memiliki Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) yang bertugas menindak semua ancaman dan pelanggaran di laut khususnya Selat Malaka dan Selat Singapura. Sistem tersebut dapat memberikan hasil positif dengan tingkat kejahatan yang semakin berkurang,” tambah Aan.

Selanjutnya untuk memahami tugas dan tanggung jawab Koarmabar, Kasal Pakistan dan rombongan berkesempatan  menyaksikan profil Koarmabar secara visual melalaui pemutaran video. Dalam rangkaian kunjungan kehormatan tersebut dilaksanakan juga  tukar menukar cinderamata antara kedua pejabat, dilanjutkan dengan acara ramah tamah di Aula Yos Soedarso.

Pada kesempatan ini Kasal Pakistan disertai rombongan antara lain Cdr Javaid Iqbal (Personel Staff Officer), Lt Cdr Jahanzaib Ali T Bi (PN) (Security Officer)  serta  Embassy Of Pakistan Colonel Khurram Shabbir serta Kadisbekal Laksaman Pertama TNI Eko Yulianto S., selaku perwira pendamping dari Mabesal . Sementara itu Pangarmabar didampingi Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., serta Pejabat Utama Koarmabar.

Sumber: maritimnews.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply