Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Diferensiasi Kebijakan Maritim Indonesia dan Peran TNI AL


PEMUDA MARITIM - Dalam rangka meningkatkan kualitas keselamatan pelayaran nasional, Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan yang diwakili oleh Direktur Perkapalan & Kepelautan, Capt. Rudiyana melantik sejumlah Surveyor dan Inspektor PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk menjadi Auditor International Safety Management Code atau lebih dikenal dengan ISM Code.

Pelantikan tersebut dilakukan pada 16 dan 24 Mei 2017 lalu di Hotel Alila Jakarta Pusat. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Humas PT BKI, auditor yang dilantik telah memenuhi persyaratan yang ditetakan baik oleh International Maritime Organization (IMO) maupun Kemenhub.

Pelantikan Auditor ISM Code merupakan langkah awal BKI untuk menjadi lebih baik dalam mengemban tugas yang diberikan Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan sebagai RO/Recognized Organization. Hal itu terkait dengan Otorisasi survey statutory untuk 14 unit kapal berbendera Indonesia  yang sebelumnya didelegasikan kepada BKI.

Pelantikan Auditor ISM Code bukan semata-mata terjadi begitu saja, akan tetapi telah melewati  proses yang matang sehingga layak untuk menjadi auditor ISM Code. Sebagaimana bagian dari wewenang Divisi Asesmen dan Diklat BKI, Calon Auditor ISM Code tersebut telah diuji sebelumnya. Auditor yang lulus uji kompetensi,maka telah dinyatakan layak untuk melakukan audit ISM Code.

Pembekalan dan Pelantikan Auditor ISM Code tersebut dilakukan dalam dua batch. Pertama, pembekalan yang dilakukan pada tanggal 15 Mei 2017 sedangkan pelantikan dilakukan pada 16 Mei 2017. Kedua, pembekalan yang dilakukan pada tanggal 23 Mei 2017 dan pelantikan pada 24 Mei 2017.

Uji kompetensi untuk peserta Batch I dan II dilakukan oleh Divisi Asesmen dan Diklat BKI bekerjasama dengan Ditkapel Hubla. Dirut PT BKI Rudiyanto juga turut hadir dalam prosesi pelantikan tersebut.

Hal ini tentunya akan sangat berguna sekali dalam langkah BKI menuju International Association Clasification Society (IACS), di man SDM menjadi faktor pendukung utama dalam pencapaian tersebut.


Sumber: Maritim News

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply