Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Gubernur Zaini Abdullah: Aceh Siap Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia


PEMUDA MARITIM - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan bahwa Aceh siap menjadi gerbang utama bagian barat Indonesia dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia.

“Terkait dengan arahan presiden dalam Rakor Nasional Bidang Kemaritiman tahun 2017 dua hari yang lalu, dapat kami nyatakan kepada presiden dan seluruh menteri kabinet kerja, Aceh siap menjadi gerbang utama bagian barat Indonesia dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia,” kata Zaini Abdullah pada pembukaan Penas KTNA ke-XV 2017, Sabtu (6/5/2017).

Dikatakan Zaini, hampir sebagian besar rakyat Aceh adalah kaum tani dan nelayan, karena itu tidak heran jika sektor pertanian dan kelautan merupakan sektor terbesar serapan tenaga kerja di Aceh.

Sektor ini, kata Zaini, juga merupakan penyumbang terbesar terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Aceh, karena kontribusi itu, kebijakan pembangunan Aceh sektor pertanian dan perikanan menjadi program prioritas.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Bapak Presiden dan seluruh pihak terkait, dalam lima tahun terakhir ini usaha tani dan nelayan Aceh terus menunjukkan peningkatan,” katanya.

Zaini mengungkapkan, jika mengacu pada data Badan Pusat Statisti (BPS) Aceh, nilai tukar petani (NTP) Aceh terus mengalami kenaikan, sampai April 2017 ini sudah mencapai 95,05.

Produksi Padi Aceh menurut data Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, pada 2016 mencapai 2,3 juta ton gabah kering. Sedangkan untuk komoditi Jagung, mencapai 316 ribu ton.

Kenaikan produksi ini juga dialami tanaman keras, seperti kelapa sawit, kopi dan karet. Sementara dari sektor perikanan, produksi ikan tangkap dan ikan budidaya terus mengalami peningkatan cukup baik.

“Dengan kenaikan produksi itu, kami semakin bersemangat untuk mengembangkan sektor pertanian dan perikanan Aceh guna menjadikan daerah ini sebagai lumbung pangan nasional untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim  dunia,” katanya. (*)

Sumber: beritakini.co

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply