Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » Jaga Kesiapan Operasi, Kolinlamil Rutin Rawat Kapal Perang


PEMUDA MARITIM - Guna menjaga kesiapan unsur Kolinlamil dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kolinlamil melaksanakan pemeliharaan kapal perang. Sebagai contohnya adalah Kapal perang milik Kolinlamil yang sedang dilakukan perawatan dan pemeliharaan, yaitu KRI Teluk Lampung 540 dan KRI Mentawai 959, Rabu (17/5).

KRI Teluk Lampung 540 saat ini berada digalangan kapal PT. Mina Muara Mas (MMM) Bangka Belitung. Sedangkan KRI Mentawai 959 melaksanakan pemeliharaan dan perawatan di Jakarta.

Tujuan dari pemeliharaan dan perawatan kapal adalah untuk selalu menjaga kesiapan dan kemampuan unsur-unsur KRI yang ada dalam melaksanakan tugas pokok Kolinlamil yaitu pergeseran personil, material dan logistik baik dalam Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Dalam pemeliharaan sehari-hari diharapkan para KKM dan ABK kapal mampu melaksanakan kegiatan pemeliharaan sehari-hari sesuai dengan ketentuan sistem pemeliharaan terencana yang sudah ditetapkan.

Selain juga secara khusus para pengawak KRI diberikan penyegaran tentang tata cara dan pelaksanaan pemeliharaan terencana.

Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Disharkap) Kolinlamil, selalu memberikan arahan dan masukan kepada pengawak KRI baik perwira maupun ABK bahwa kegiatan pemeliharaan sangat perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan agar para ABK KRI mengetahui dan memahami tugas pemeliharaan kapal yang diawaki sehingga kondisi teknis  kapal selalu siap dan meminimalisir kerusakan di kapal.

Hingga kini KRI Teluk Lampung 540 semasih berada di atas dok galangan PT Mina Muara Emas Bangka Belitung untuk melaksanakan perawatan.

Kerjasama dengan pihak lain yang berkompeten dengan kemampuan pemeliharaan dan perawatan penting bagi Kolinlamil dalam memenuhi kebutuhan unsur/KRI yang dibutuhkan dalam tipe/jenis tertentu dapat melakukan pemeliharaan, perawatan maupun perbaikan.

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah dalam mendukung pemberdayaan dan pemanfaatan industri dalam negeri untuk bangga menggunakan barang-barang hasil produksi dalam negeri yang tidak kalah bersaing kualitas dengan produksi galangan kapal di luar negeri.

Sementara itu Kapal perang milik Kolinlamil yang juga sedang dalam pemeliharaan untuk kesiapan operasi adalah KRI Mentawai 959  yang melaksanakan pengecekan  perbaikan dan perawatan pada bagian Gear Box yaitu sistem penggerak pada mesin kapal.

Selain itu pengecekan ini dilaksanakan untuk melihat sejauhmana perkembangan perbaikan dan perawatan salah satu  bagian mesin Kapal Perang tersebut guna menunjang kesiapan operasi.


Sumber: Maritimnews

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply