Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Kalimantan Barat Punya Dua Jagoan Wisata Bahari Anyar


PEMUDA MARITIM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) tengah mempersiapkan dua kawasan wisata bahari yaitu Pantai Temajuk di Sambas dan Danau Sentarum di Kapuas Hulu sebagai objek wisata andalan baru di Indonesia. 

Untuk bisa mempromosikan dua objek wisata tersebut, Pemerintah Provinsi meminta bantuan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) agar dapat menetapkan keduanya sebagai kawasan unggulan pariwisata Indonesia.

"Kemenpar sudah membuat program 10 'Bali' baru. Segala promosi dan infrastrukturnya mendapat bantuan besar dari pemerintah. Nah di Kalbar, bahkan di Kalimantan belum ada satupun yang masuk sehingga kita usulkan dua destinasi tersebut," ujar Kartius, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, dikutip dari Antara, Jumat (12/5).

Kartius menyebut Pemerintah Provinsi memiliki alasan kuat mengusulkan Pantai Temajuk dan Danau Sentarum, sebagai 'Bali' baru. Selain memiliki keindahan alami, Pantai Temajuk berada di lokasi yang mempunyai potensi besar untuk didatangi wisatawan mancanegara, lantaran berada di kawasan perbatasan.

"Kita bisa membidik wisatawan dari Malaysia, atau orang dari luar Malaysia yang datang ke negara itu," jelasnya.

Kartius mencatat, Sarawak di Malaysia setiap tahunnya bisa didatangi 1 juta lebih wisatawan asing. Sementara Kalbar hanya dikunjungi puluhan ribu wisatawan.

"Kalau 10 persen saja wisatawan dari Sarawak bisa kita gaet, itu sudah sangat luar biasa," kata Kartius.

Sementara, Danau Sentarum di Kapuas Hulu diklaim Kartius memiliki koleksi ikan terlengkap di dunia. Danau tersebut dikelilingi pegunungan dan bertipe pasang surut yang unik.

Lanjut dia, apa yang menjadi potensi tersebut tentu membutuhkan dukungan infrastruktur. Apalagi dengan jarak yang cukup jauh dari bandara yang terletak di Pontianak, tentu infrastruktur jalan merupakan sesuatu yang tak bisa ditawar untuk memajukan dua kawasan wisata tersebut.


Sumber: cnnindonesia.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply