Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Maritim Umum

Artikel

Teknologi

Kelautan

Perikanan

Karya Mahasiswa

» » » » Koar-koar Liburan ke Pulau Oar


Pulau Oar merupakan salah satu pulau kecil yang berlokasi di Desa Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau kecil ini memang baru tenar beberapa tahun belakangan, menyusul ketenaran pulau sebelahnya yaitu Pulau Umang. Saya mengetahui pulau ini dari beberapa media sosial, padahal kalau dari rumah saya sih lokasinya cukup dekat, hanya sekitar 2 jam saja. Ini bukti The power of sosmed memang luar biasa.

Lain halnya jika ditempuh dari Jakarta. Pulau Oar berlokasi memang cukup jauh, butuh kira-kira 5 sampai 6 jam untuk sampai di darmaga, Desa Sumur ini. Jika Anda yang sudah pernah ke Pulau Peucang atau Handeulem di Taman Nasional Ujung Kulon. Nah, darmaga yang sama juga digunakan untuk menyebrang ke Pulau Oar ini.

Hari itu matahari sedang terik-teriknya ketika saya sampai di Pulau Oar. Hanya butuh sepuluh menit untuk bisa menyebrang ke Pulau Oar dengan biaya sewa kapal sekitar 300 sampai 500 ribu. Kapal yang disewakan berkapasitas hingga 10 orang. Sebelum menyebrang pastikan jika biaya yang Anda bayarkan sudah termasuk retribusi kebersihan di Pulau Oar. Agar tidak repot dengan urusan bayar membayar ketika sampai di Pulau Oar.


Pasir Putih Pulau Oar

Pulau Oar memiliki pasir putih yang bersih dengan warna laut biru tosca nan jernih. Dibagian sisi kiri arah datang terdapat hutan mangrove yang cukup luas dan dibagian sisi kanan pantai berkarang. Panorama Gunung Honje akan terlihat jelas dan indah dari Pulau ini. Selain itu, disekitar pulau ini juga terdapat beberapa bagang ikan milik nelayan setempat yang kalau diambil gambarnya terlihat ciamik.


Seiring dengan ketenarannya, pulau ini mulai difasilitasi dengan toilet dan beberapa gazebo-gazebo untuk bersantai. Jika Anda tertarik melihat-lihat dasar laut, ada alat snorkling yang disewakan di sini. Atau jika ingin memacu adrenalin, banana boat siap mengajak Anda ke tengah laut dan menerjang dengan kencang ombak Pulau Oar.

Namun, jika Anda memang tidak menyukai olah raga yang ekstrem dan memacu adrenalin, nampaknya berenang-renang cantik dan main pasir atau berjemur menjadi hal yang bisa dilakukan di sini. Bisa juga sekalian gelar tikar dan bakar ikan yang dibeli di Darmaga Sumur. Pilihan yang menarik kan?


Menginap di Pulau Oar

Pulau ini memang tidak difasilitasi dengan penginapan layaknya Pulau Umang. Namun bukan berarti tidak bisa dinikmati di malam hari. Jika ingin menginap, kita bisa mendirikan tenda ditepian pantai. Kebayang kan indahnya langit bertabur bintang kala cuaca cerah. Api unggun yang menghangatkan tubuh dan dentingan suara gitar bersaut ombak. Membayangkannya saja saya ingin kembali ke Pulau Oar. Sebelum berkemah, pastikan telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemilik kapal dan pengelola Pulau ya.


Atau, jika tak ingin repot, Anda bisa menginap di Pulau Umang yang lokasinya persis sebelah Pulau Oar. Jadi sekali dayung dua pulau terlampaui bukan? Atau mau tambah tiga pulau empat pulau bahkan lebih. Anda bisa menyebrang ke Pulau Badul atau Pulau Mangir dan pulau-pulau lain disekitarnya. Yah, tinggal seberapa lama saja waktu libur Anda.

Tempat ini memang cocok untuk meghabiskan hari libur bersama keluarga ataupun berkemah bersama teman-teman. Tapi jangan long weekend atau libur hari raya idul fitri ya. Akan sangat ramai tempat ini.


Sumber: mangkoko.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply